25 radar bogor

Masih Banyak Sekolah Rusak, Disdik Kota Bogor Segera Kebut Perbaikan

Komisi IV DPRD Kota Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMPN 20 Kota Bogor, Selasa (14/2). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto menanggapi mengenai banyaknya sekolah rusak yang belum ditangani. Ia pun memastikan perbaikan akan segera dikebut.


Salah satunya, percepatan dalam pembangunan dan perbaikan di SMPN 20. Pihaknya sudah menganggarkan untuk perbaikan SMPN 20 pada tahun ini.

“Ya, tetapi kalau dari nilai anggaran kurang. Anggaran yang ada tidak akan mungkin cukup, yang terjadi permasalahan ini struktur bangunan yang ada di lab dan di perpustakaan,” jelas dia.

Menurut dia, permasalahan di Laboratorium IPA perlu penanganan khusus. Karena berdasarkan hasil kajian, ternyata kualitas dari campuran beton di bawah standar.

“Kemudian untuk kerusakan turap, karena adanya pergeseran tanah sehingga berdampak pada pergeseran bangunan, ketika konstruksi terhadap dinding ini rapuh, karena tanahnya labil,” ungkapnya.

Sujatmiko meminta konsultan perencanaan segera mendesain bagian mana saja yang perlu direvitalisasi. Sebagai langkah awal, pihaknya akan membangun turap untuk mencegah longsor.

“Kami juga akan memperbaiki konstruksi fondasi untuk tembok yang terjadi penurunan. Kita bongkar dari bawah kemudian akan kita perkuat, baru dibangun tembok baru,” jelasnya.


Sujatmiko menegaskan pengerjaan bakal dimulai pada Juni 2023 mendatang setelah proses lelang selesai. “Mudah-mudahan Mei kita bisa mulai untuk kontrak dengan pihak ketiga pemenang lelang,” sambungnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto