25 radar bogor

Liga Panjat Tebing Kabupaten Bogor Dibuka, Atlet Dilarang Saling Ejek

Liga Panjat Tebing
Aksi peserta Liga Panjat Tebing Kabupaten Bogor. (IST)

CIBINONGRADAR BOGOR, Sebanyak 196 atlet dari 12 klub panjat tebing, berebut status terbaik dalam Liga Panjat Tebing Kabupaten Bogor 2023 Seri 1 di Wall Climbing Pakansari, Kamis (16/2/2023).

Ada dua kategori yang dipertandingkan pada Liga Panjat Tebing Kabupaten Bogor 2023 ini. Yakni kelompok umur 2005-2009 dan 2010-2013.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabuaten Bogor, Trian Turangga, mengatakan, kompetisi ini merupakan sejarah di Bumi Tegar Beriman, termasuk di Indonesia. Pasalnya, bukan hanya diperuntukkan bagi atlet saja, tapi juga klub.

Baca Juga : Target Terlampaui, Atlet Panjat Tebing Kota Bogor Kembali Sumbang Medali Emas

Atlet panjat tebing berprestasi di Kabuaten Bogor, bukan hanya tugas di pengcab. Tapi juga bagian dari kewajiban klub,” ujarnya.

Artinya, sambung dia, atlet berkualitas itu awalnya berasal dari klub. Sementara FPTI hanya memoles dan melakukan pembinaan .

Adapun pada Liga Panjat Tebing Kabupaten Bogor 2023 Seri 1, FPTI menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan untuk para atlet dan juga klub.

Klub akan kita berikan subsidi partisipasi, dan ini dinilai berdasarkan poin, salah satunya soal disiplin,” ucap Trian.

Sistem poin ini diberlakukan mengingat Liga Panjat Tebing Kabupaten Bogor 2023 Seri 1 ini memiliki tema ramah anak dan keluarga. Artinya, tidak hanya mengedepankan soal fisik, tetapi mental.

Ada aturan soal larangan merokok di sekitar lokasi pertandingan. Atlet dan klub panjat tebing juga dilarang keras melakukan perundungan atau ejeken antar peserta. “Apabila ada yang melanggar akan kita berikan sanksi,” tukas Trian. (rur)

Editor : Ruri Ariatullah