25 radar bogor

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Buka Pelatihan Kerja Kerjasama DPRD

BUKA BLK: Narasumber dari Disnaker Kabupaten Bogor dan Anggota DPRD Dapil 66 di Gedung Lembah Sadino Ragajaya, Rabu (15/2).

BOGOR-RADAR BOGOR, Untuk menekan angka pengangguran, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bogor menggelar pelatihan kerja yang bekerjasama dengan Anggota DPRD Dapil 6 di Gedung Lembah Sadino Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Rabu (15/2).

“Jadi tujuan pelatihan kerja ini kaitan dengan peningkatan produktivitas dan harus dipahami, bahwa dunia industri sedang terkena imbas krisis ekonomi global,” ungkap Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Zaenal Ashari kepada wartawan.

Untuk mengantisipasi dan mengurangi angka pengangguran itu, Pemda mengambil satu langkah dalam rangka untuk meningkatkan potensi dan SDM yang ada di wilayah melalui pelatihan.

Avatar

“Sasaran usia produktif berkisar 20 sampai 25 tahun, sehingga mereka ini bisa diarahkan, dan tidak hanya ketergantungan ke pihak perusahaan tapi mampu berwirausaha,” kata Zaenal.

Zaenal menambahkan, kegiatan pelatihan sudah mengubah paradigma sistem atau regulasi pelaksanaan, dan tidak terpusat satu titik tapi mendekatkan ke para potensi pekerja untuk supaya lebih dekat. “Kegiatan ini disesuaikan potensi di wilayah, sehingga betul-betul hasilnya akan maksimal,” tambah dia.

Ke depan, selain menekan angka pengangguran, para peserta juga bisa diarahkan berwirausaha, sehingga akan membuka peluang kerja kepada orang lain.

Tak hanya pelatihan menjahit, di sini Balai Latihan Kerja (BLK) juga menangani kaitan dengan mengelas, bubut, komputer, sablon, dan budidaya ulat Hongkong. “Jadi tidak hanya satu skema tapi bagaimana bisa melakukan banyak kategori pelatihannya,” tegas dia.

Sementara Anggota DPRD Dapil 6 Andi Permana menuturkan, pihaknya membuat pelatihan ini untuk masyarakat yang saat ini difokuskan dapil 6 di tujuh kecamatan.

“Hari ini jumlah peserta 160 orang dan target kami sampai Juni sekitar 680 orang, yang dilakukan lima gelombang di tiga kecamatan,” kata Andi.(*)

Reporter: Jaenal

Editor: Pipin