25 radar bogor

Profil Richard Eliezer yang Berani Bongkar Peran Ferdy Sambo

Richard Eliezer
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer

JAKARTA-RADAR BOGOR, Richard Eliezer atau Bharada E, divonis satu tahun enam bulan penjara oleh Majelis Hakim pada persidangan di PN Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023).

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yakni 12 tahun penjara, atas keterlibatannya dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua bersama-sama dengan Ferdy Sambo, Ricky Rizal atau Bripka RR, Putri Candrawathi, dan Kuat Ma’ruf.

Namun, karena Richard Eliezer bersedia membantu membongkar peran Ferdy Sambo, dkk, dalam Justice Collaborator, ia pun divonis lebih ringan.

Avatar

Baca Juga:

Richard Eliezer Divonis Satu Tahun Enam Bulan Penjara

Kasus Richard Eliezer memang sangat menyita perhatian publik. Maka tak heran, biodata dan profilnya menjadi salah satu yang banyak dicari warganet.

Memiliki nama lengkap Richard Eliezer Pudihang Lumiu,  mantan ajudan Ferdy Sambo itu lahir pada 14 Mei 1998 di Manado, Sulawesi Utara. Pria berusia 24 tahun ini tercatat berpangkat Bharada atau golongan Tamtama.

Sebelum dilantik menjadi anggota Polri, Richard Eliezer diketahui menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Brimob, Watukosek, Pasuruan, Jawa Timur. Setelah itu, ia mengawali karirnya di kepolisian dengan bergabung di Kesatuan Brimob.

Karirnya terus berkembang, hingga pada November 2021, Richard resmi bergabung dengan Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. Ia kemudian ditugaskan menjadi ajudan Ferdy Sambo yang kala itu masih menjabat sebagai Kepala Divisi Propam Polri. (net)

Biodata Richard Eliezer

Nama lengkap: Richard Eliezer Pudihang Lumiu
Panggilan: Richard
Agama: Kristen Protestan
Tempat lahir: Manado, Sulawesi Utara
Tanggal lahir: 14 Mei 1998
Zodiak: Taurus
Umur: 24 tahun
Akun Instagram: @r.lumiu
Pendidikan: alumni Akpol tahun 2019
Pekerjaan: Anggota Polri Pangkat: Baradha (Bhayangkara Dua)
Golongan: Tamtama dalam kepangkatan Polri

Editor : Yosep