25 radar bogor

Proteo, Anjing Penyelamat yang Gugur saat Mencari Korban Gempa Turki

Salah satu anjing penyelamat jenis canine bernama Proteo gugur dalam tugasnya mencari korban-korban rentuhan gempa di Turki, Minggu (12/2).

BOGOR-RADAR BOGOR, Misi penyelamatan korban gempa di Turki dan Syria tak hanya dilakukan manusia, tapi juga melibatkan anjing penyelamat yang sudah terlatih. Para anjing tersebut dikerahkan dengan fokus untuk mencari korban yang masih selamat dan tertimbun reruntuhan gedung.

Anjing penyelamat dilatih menemukan orang yang selamat di reruntuhan. Mereka mengendus bau manusia dan memberi tahu pawangnya dengan menggonggong dan menggaruk tanah yang baunya dia anggap paling kuat.


Setelah itu, tim penyelamat akan melakukan proses penggalian untuk menyelamatkan korban yang ditemukan anjing penyelamat.

Selain mengirimkan tenaga manusia dan bantuan lainnya, Meksiko juga mengirimkan anjing penyelamat ke Turki berjumlah 16 ekor. Anjing-anjing itu sebelumnya dikerahkan saat terjadi gempa bumi di Meksiko pada 2017 silam.

Hanya saja, salah satu anjing penyelamat jenis canine bernama Proteo gugur dalam tugasnya, Minggu (12/2). Proteo meninggal setelah membantu menemukan dua orang yang selamat di reruntuhan. Dua korban itu kemudian berhasil dievakuasi.

Otoritas Meksiko tak memberikan kronologi gugurnya proteo. Namun, dalam video yang viral di media sosial, Proteo sedang mencari korban gempa di bawah reruntuhan bangunan. Sementara, pawang atau petugas mengawasinya.

Tiba-tiba saja, reruntuhan gedung itu roboh dan menimpa Proteo. Pawang kemudian menarik Proteo dengan maksud menyelamatkannya.

Namun, sepertinya upaya tersebut tak membuahkan hasil. Dalam foto-foto lain di media sosial, terlihat Proteo terbaring lemah.
Meski berhasil dikeluarkan dari reruntuhan, nyawanya tak bisa diselamatkan. Otoritas Meksiko lantas mengumumkan bahwa Proteo gugur dalam tugasnya.

Proteo disebut pahlawan lantaran gugur dalam misi penyelamatan korban gempa. Palang Merah Meksiko merilis video untuk menghormati Proteo.

Badan amal tersebut memberikan penghormatan kepada Proteo, yang meninggal setelah membantu menemukan dua orang yang selamat dari gempa Turki-Syria. Staf penyelamat berdiri dalam formasi kotak, hening, sebelum bertepuk tangan.

Sekretariat Pertahanan Nasional Meksiko mengeluarkan pernyataan untuk menghormati Proteo.

“Sebagai anggota Angkatan Darat dan Angkatan Udara Meksiko, kami sangat sedih atas kehilangan rekan besar kami, anjing bernama Proteo. Anda memenuhi tugas Anda sebagai bagian dari tim Meksiko dalam upaya pencarian dan penyelamatan yang kami lakukan untuk saudara-saudara kami di Turki. Terima kasih atas kerja heroik Anda,” tulis penghormatan tersebut yang diunggah di Twitter.

Menteri Pertahanan Meksiko Luis Cresencio Sandoval yang mengumumkan kematian Proteo pada konferensi pers harian Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, menyematkan gelar pahlawan kepada anjing tersebut.

Avatar

Baca Juga:

Pasca Gempa Dahsyat, Pemerintah Turki Kejar 131 Kontraktor Nakal


Gugurnya Proteo tentu saja membuat sedih semua pihak, termasuk pencinta anjing. Warganet memberikan ucapan kepada Proteo di media sosial.

“Kamu selalu menjadi anjing yang kuat dan pekerja keras yang tidak pernah menyerah. Saya akan selalu mengingat Anda,” kata seorang penyelamat yang bertugas bersama Proteo dalam sebuah video. (*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto