25 radar bogor

Bentuk Apresiasi, Menhan Prabowo Bagikan Motor Trail untuk 2.000 Babinsa

Sebagai Bentuk Apresiasi, Menhan Prabowo Bagikan Motor Trail untuk 2.000 Babinsa

SURABAYA – RADAR BOGOR, Sebanyak 2.000 babinsa dikumpulkan Senin (13/2). Mereka mendapat apresiasi dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dengan menerima sebuah motor trail untuk menunjang tugas di lapangan.

Salah satunya adalah Serka Usman. Wajahnya tampak ceria. Maklum, Babinsa Koramil Dau, Malang, itu bisa bertemu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto secara langsung Senin (13/2) petang. Apalagi, pria 47 tahun itu mendapat motor trail.

’’Alhamdulillah akhirnya bisa bersalaman lagi dengan Pak Prabowo,’’ ucapnya di Grand City, Senin.

Usman sudah enam tahun menjadi babinsa. Pertemuannya dengan Prabowo sekaligus menjadi ajang reuni bagi dirinya. Sebab, dia dulu adalah mantan anggota Kopassus. Komandan jenderal Kopassus waktu itu masih Prabowo. ’’Dulu saya diseleksi langsung sama beliau pada 1995,’’ ucapnya.

Pria asal Malang itu menuturkan, lokasi tempat tugasnya berada di perbukitan dan pegunungan. Kendaraan operasi yang digunakan hanya motor biasa. Nah, bantuan motor trail sangat membantu dirinya. Terlebih saat cuaca kurang baik. Maklum, kondisi medan licin karena di atas bukit.

Pembagian trail dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, ada 100 motor yang diberikan langsung ke babinsa. ’’Semua babinsa mendapatkannya. Ini simbolis saja,’’ ujar Prabowo.

Total babinsa di Jatim sekitar 2.000. Prabowo menegaskan, semuanya mendapat motor trail. Mengingat tugas mereka di lapangan tidak mudah. Para babinsa tersebut adalah tulang punggung pertahanan sekaligus menjadi ujung tombak pemberdayaan di masyarakat.

Apalagi, lanjut dia, mobilitas babinsa di lapangan cukup tinggi. Setidaknya, satu babinsa bisa meng-handle dua sampai tiga desa. Belum lagi, lokasi mereka berada di pelosok dengan medan yang cukup berat. ’’Kami ingin memberdayakan semua babinsa di seluruh Indonesia,’’ terangnya. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL