25 radar bogor

Soal e-KTP Diganti Jadi KTP Digital, Warga Puncak : Jangan Ada Fotocopy Lagi

Ilustrasi IKD
Ilustrasi IKD

CISARUA-RADAR BOGOR, Kartu Tanda Penduduk atau KTP digital, bakal menggantikan e-KTP yang banyak mendapat keluhan di masyarakat.

Rencana inipun disambut baik oleh sejumlah warga Puncak, Kabupaten Bogor. Salah satunya Deni Husein warga Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua.

Menurutnya, KTP digital, atau yang dikenal dengan sebutan Identitas Kependudukan Digital (IKD) itu, bisa menjadi solusi lamanya cetak e-KTP yang sering kehabisan blangko.

Avatar

Baca Juga:

Siap-Siap! Blanko e-KTP Bakal Distop, Diganti KTP Digital

“Bagus sih setuju jadi KTP digital. Jadi gak ada lagi alasan blangko habis,” katanya kepada Radar Bogor Senin (13/2/2023).

Kata dia, dengan KTP digital ini, masyarakat tidak perlu bolak balik ke Disdukcapil atau ke kantor kecamatan untuk mengambil fisik e-KTP.

“Apalagi di Kabupaten Bogor ini, kendala paling sering blangko habis, dan akhirnya bolak balik untuk ambil e-KTP,” tuturnya.

Namun, kata Deni, dengan adanya KTP digital, diharap tidak perlu lagi melakukan fotocopy untuk mengurus administrasi. Sehingga benar-benar digital.

“Jangan namanya nanti KTP digital, tapi untuk keperluan administrasi tetap harus di print atau fotocopy. Sama saja bohong,” paparnya.

Sementara itu, Vamat Cisarua Ivan Pramudya mengatakan, perihal KTP digital, hingga hari ini masih menunggu arahan dari Disdukcapil Kabupaten Bogor. “Belum ada arahan soal KTP digital, biasanya di UPT Disdukcapil,”tukasnya. (all)