25 radar bogor

Banyak Pohon Tumbang, Tutup Badan Jalan hingga Hantam Kabel Listrik

Pohon tumbang akibat hujan lebat di kawasan Batutulis, Kota Bogor, Sabtu (11/2) malam. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah kejadian bencana menerpa wilayah Kota Bogor. Itu disebabkan hujan yang terus mengguyur tanpa henti, sejak Sabtu (11/2) malam.

Sejak kemarin, pihak BPBD mencatat sudah terjadi 4 bencana di Kota Bogor. Bencana itu didominasi pohon tumbang dan longsor.


Pertama, pohon tumbang di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah. Pohon dengan tinggi 8 meter dan diameter 30 centimeter, tumbang dan menutupi sebagian badan jalan.

Selanjutnya, pohon tumbang di Jalan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan. Pohon setinggi 15 meter ini roboh dan menghantam kabel listrik PLN sehingga menimbulkan kabel menggantung dan menutupi akses jalan kendaraan besar.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Budi Agung, Kecamatan Tanah Sareal. Pohon dengan tinggi 20 meter roboh dan menutupi sebagian akses jalan warga sekitar.

“Kami sudah melakukan penanganan pada pohonnya bersama tim Pemadam Kebakaran. Sementara untuk penanganan kabel kami masih berkoordinasi dengan pihak PLN,” terang Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas.

Selain pohon tumbang, hujan yang terus mengguyur juga mengakibatkan tanah longsor di Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat. Longsor sepanjang 8 meter tersebut membuat turap di wilayah tersebut ambruk serta membuat rumah warga mengalami retak.

“Longsor terjadi pukul 9 pagi dan berdampak pada retaknya sebuah rumah yang dihuni oleh 5 orang milik Iksan,” beber Theo.

Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa akibat bencana tersebut. Meski demikian Theo meminta warga agar tetap waspada. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto