25 radar bogor

Pasca Percobaan Penculikan Siswa SD di Ciawi, Penjagaan diperketat

Penculikan
Petugas berjaga di lokasi percobaan penculikan di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Jumat (10/2/2023).

CIAWI-RADAR BOGOR, Pasca percobaan penculikan terhadap siswa kelas 6 SDN Banjarwaru, Muspika Kecamatan Ciawi memperketat pengamanan. Khusunya, di wilayah dekat sekolah dan jalan yang dianggap sepi.

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Banjarwaru, Serda Misbah dan Babinkamtinnas Desa Banjarwaru, Aiptu Arie. Pasca kejadian percobaan penculikan, mereka memperketat pengawasan di sejumlah titik rawan aksi kriminal.

“Selain kami memberikan imbauan, juga melakukan patroli dan pengamanan pada jam pulang sekolah,” kata Serda Misbah, kepada Radar Bogor Jumat (10/2/2023).

Avatar

Baca Juga:

Siswa SD di Ciawi Lolos dari Penculikan, Mulut Dibekap Kain

Hal senada dikatakan Babinkamtinnas Desa Banjarwaru, Aiptu Arie. Dirinya berpatroli bersama dengan Babinsa, di tempat yang dianggap rawan. Hal itu dilakukan untuk memastikan, kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Jadi kita pantau pada jam pulang sekolah,” paparnya.

Sementara itu, Danramil Ciawi Mayor Arm Sutrisno, mengatakan, para orang tua diminta untuk tetap tenang terkait adanya aksi percobaan penculikan itu. Namun, Sutrisno meminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Sehubungan dengan kejadian percobaan penculikan di Desa Banjarwaru, kami mengimbau kepada masyarakat yang memiliki anak, agar tetap tenang, namun meningkatkan kewaspadaan,” katanya kepada Radar Bogor Jumat (10/2/2023).

Juga, kata Sutrisno, penting untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar orang tua siswa serta sekolah. “Jadi bisa saling menjaga,” tambahnya.

Selain itu, para orang tua juga guru terus memberikan pemahaman yang baik pada anak-anak untuk lebih baik dan waspada. “Anak anak ini diberikan pemahaman, jangan mudah terpengaruh orang asing,” pintanya.

Hal serupa dikatakan Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat. Selain meningkatkan patroli, juga dibutuhkan peran orang tua serta guru di sekolah agar terhindar dari aksi percobaan penculikan.

“Peran orang tua juga sekolah penting. Satu sama lain saling menjaga. Jika ada yang mencurigakan, bisa lapor segera ke kami,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, aksi percobaan penculikan terjadi di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Korbanya, siswa kelas 6 SD di Banjarwaru. Beruntung, korban bisa melepaskan diri, meskipun mengalami luka pada bagian bibirnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep