25 radar bogor

Istanbul Youth Summit 2023 Turki, SMA Quran Asy Syahid Sabet Juara 

Istanbul Youth Summit
SMA Quran Asy Syahid mendapat 3 penghargaan sekaligus pada ajang Istanbul Youth Summit (IYS) 2023 Turki.

TURKI-RADAR BOGOR, Istanbul Youth Summit (IYS) 2023 di Turki, adalah salah satu ajang pertemuan internasional bagi para remaja dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

KTT internasional ini, diisi dengan berbagai kegiatan menarik, termasuk diskusi panel ganda, presentasi tentang proyek sosial, dan eksplorasi budaya yang berbeda.

Hal ini akan membantu mengembangkan kecakapan berfikir kritis, keterampilan berbicara di depan umum dan kemampuan kepemimpinan. Tema yang dipilih pada tahun ini adalah “Social development Goals for Emerging Leaders”.

Avatar

Baca Juga:

SMA Quran Asy Syahid Adakan Edu Seminar, Bagaimana Dapat Beasiswa Kuliah di Jepang?

Jumlah pendaftar acara Istanbul Youth Summit 2023 Turki, cukup banyak dari 137 negara. Setidaknya 2600 orang mendaftar, dan sejumlah 400 peserta berhasil lolos seleksi.

“Antusias yang sangat tinggi dari para delegasi menjadikan IYS sebagai salah satu platform kolaborasi terbesar rintisan anak bangsa. Jumlah peserta dan penyebaran negara yang terus meningkat menambah semangat kami untuk terus berinovasi dan berkolaborasi,” ungkap Aldi, Chairmen IYS melalui rilisnya, Selasa (10/1/2023).

Sebanyak 18 Siswa SMA Quran Asy Syahid, lolos untuk mengikuti program Istanbul Youth Summit 2023 di Turki ini. Pada KTT Internasional tersebut, Siswa SMA Quran Asy Syahid memaparkan 2 tema projek yang telah mereka persiapkan, lakukan dan rencanakan tahap berikutnya.

Yang pertama mengenai solusi terhadap masalah sampah, dan yang kedua masalah perundungan yang sampai sekarang masih marak di berbagai belahan dunia. Rombongan delagasi SMA Quran Asy Syahid didamping langsung oleh Pembina dan ketua Yayasan, Abi Candra dan Umi Kirana, serta 4 guru pembimbing.

Pada hari Selasa-Rabu, tanggal 7-8 Februari 2023 bertempat di Hall Lionel Hotel, siswa SMA Quran Asy Syahid mempresentasikan projek mereka dengan Bahasa inggris yang fasih dan lancar, bahkan mendapat pujian dan standing ovation dari dewan juri.

Pada hari penutupan, ada pertunjukan budaya dan pemberian penghargaan. Pertunjukan budaya Nusantara dari berbagai wilayah Indonesia juga lainnya. Siswa SMA Quran Asy Syahid menampilkan tarian Indonesia khas dari tanah Rencong, yaitu tari Saman. Sorak-sorai tepuk tangan penonton mengiringi setiap jeda tarian yang diiring lagu Aceh.

Dan pada malam puncak pemberian penghargaan SMA Quran Asy Syahid mendapat 3 penghargaan sekaligus. 3 penghargaan tersebut adalah Delegasi terbaik/ The Best Delegate, Juara 2 terbaik projek/2nd Winner The Best Project dan nominasi group terbaik/ Nominasi The Best Group.

Umi Kirana, yang terus mendampingi dan memotivasi siswa SMA Quran Asy Syahid merasa terharu dan bangga atas penghargaan tersebut.

“Terima kasih buat semua pihak keluarga besar Asy Syahid yang sudah mensupport delegasi team yang berangkat ke Istanbul. Alhamdulillah hasil yang didapat sangat membanggakan, setara dengan ikhtiar yang dikeluarkan. Barakallahu fiikum jaami’an, Ini adalah salah satu prestasi internasional yang membanggakan kita semua,” tuturnya.

Sebagai salah satu guru pembimbing, Qisti sangat bersyukur. “Alhamdulillah… bahagia, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Terimakasih Abi Candra, Umi Kirana dan seluruh keluarga besar Asy Syahid. Terimakasih atas dukungan dan do’anya.” Ujarnya

Lewat pesan pendek seluler Kepala SMA Quran Asy Syahid, Mansur Sukya menyampaikan rasa bangganya kepada para siswanya yang telah berusaha maksimal di ajang internasional Istanbul Youth Summit 2023 Turki. “Alhamdulillah, masyaAllah… siswa SMA Quran Asy Syahid keren dan membanggakan…,” katanya.

Orang tua siswa, terutama yang putra-putrinya mengikuti IYS 2023 ini sangat bersyukur dan bangga. Salah satunya, Rena Rusydi. “Masyaallah tabarakallah.. Kereennn Asy Syahid. Selamat anak-anak hebat solih-solihah. Terimakasih Abi Candra, Umi Kirana, para guru dan asatidz atas bimbingan untuk anak-anak. Pasti menjadi pengalaman luar biasa buat mereka,” ungkapnya. (*/ysp)

Editor : Yosep