25 radar bogor

Bogor Berzakat, Baznas Siap Optimalkan UPZ Tingkat Kelurahan Hingga Masjid

Baznas
Baznas Kota Bogor gencar mensosialisasikan UPZ di tingkat kecamatan, kelurahan, masjid, dan sekolah.

BOGOR-RADAR BOGOR, Baznas Kota Bogor gencar mensosialisasikan UPZ di tingkat kecamatan, kelurahan, masjid, dan sekolah. Sebagai upaya, mengedukasi kesadaran berzakat masyarakat dan membuat kanal pengumpulan dan pendistirbusian di wilayah tepat sasaran dan dalam rangka berjalanya program kampung zakat.

Dimuali dari awal bulan Januari kemarin, Baznas Kota Bogor terus melakukan sosialisasi dan audiensi baik langsung ke kelurahan maupun dengan kecamatan.

“Ahamdulillah program Kampung Zakat sebagai rull model didukung oleh para stakeholder, karena tujuan dari program ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat secara holistik melalui UPZ, yang tadinya UPZ pasif bekerja 1 tahun sekali saat ramadhan dengan Program Kamupung zakat ini kami harapkan UPZ dapat turut serta dalam membantu BAZNAS baik pengumpulan maupun pendistribusian,” ujar Wahyul Mimbar ketua Baznas Kota Bogor.

Avatar

Baca Juga:

Canangkan Bogor Berzakat, Baznas Bentuk Kampung Zakat di 6 Kelurahan

Selain itu Subhan Murtadla mengatakan, pembentukan UPZ di tingkat kelurahan masjid dapat memetakan muzakki dan mustahik pada lingkup wilayah terkecil. Hal ini, menurutnya akan membantu pola pengumpulan dan pendistribusian agar lebih tepat sasaran.

Baznas Kota Bogor terus melakukan upaya pembentukan UPZ, sampai saat ini telah dilaksanakanya sosialisasi UPZ di tingkat sekolah SMP, SD, Kecamatan Bogor Timur, Kecamatan Bogor tengah, Kelurahan Ciparigi, Kelurahan Pasirkuda.

Unit Pengumpul Zakat merupakan perpanjangan tangan Baznas, yang secara regulatif dapat membantu menghimpun dan mendistribusikan dana Zakat Infaq Sedekah, yang didasari dengan UU no 23 tahun 2011 dan Peraturan Baznas No 2 tahun 2016. (adv)

Editor : Yosep