25 radar bogor

KIB Diisukan Pecah, Waketum PAN : Tetap Pada Komitmen Awal

KIB
Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, diisukan pecah ketika Partai Golkar bermanuver melakukan pertemuan dengan NasDem, PKB dan PKS.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto pun mengungkapkan tujuan di balik manuver pertemuan Partai Golkar yang saat ini menjadi bagian dari KIB, dengan Partai NasDem, PKB dan PKS.

Yandri menegaskan, pertemuan tersebut bagian dari manuver menambah power Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

Avatar

Baca Juga:

Perkuat Pondasi Pemilu 2024, Koalisi Indonesia Bersatu Gandeng Satu Partai Lagi

“Apa yang dilakukan Golkar tentu kami apresiasi, mudah-mudahan itu bisa menambah kekuatan KIB untuk kontestasi pilpres ke depan,” kata Yandri di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Anggota Komisi VIII DPR RI juga menyebutkan, KIB selalu membuka diri bagi semua partai politik atau porpol yang ingin menjalin komunikasi politik ataupun silaturahim.

Karena itu, Yandri menepis soal isu pertemuan Partai Golkar dengan sejumlah parpol beberapa hari lalu merupakan lobi-lobi untuk bergabung dengan koalisi lain.

“Partai Golkar mau keluar dari KIB? Itu kan hanya isu dan kita sudah berkomitmen untuk berjalan bersama,” ujar Yandri.

Sebaliknya, lanjut anak buah Zulkifli Hasan itu, Partai Golkar justru akan mengajak beberapa parpol tersebut untuk bergabung menambah kekuatan KIB. “Mungkin Golkar bakal mengajak partai-partai itu bergabung KIB,” ucap dia.

Yandri memastikan KIB yang digagas bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tetap solid untuk menyongsong Pilpres 2024.

“Kalau itu kita pastikan KIB solid, jadi PPP PAN Golkar insya Allah solid dan tetap pada komitmen awal,” kata Yandri.

Meski demikian, tambah Yandri, KIB sampai saat ini belum memutuskan siapa capres-cawapres yang bakal diusung di Pilpres 2024 mendatang.

“Kita sampai hari ini masih menunggu mencari kesepakatan siapa capres-cawapres yang bakal diusung KIB, yang jelas dari internal partai,” pungkas dia. (jpg)

Editor : Yosep