25 radar bogor

Harga Beras Jelang Ramadan Diprediksi Turun, Maret Panen Raya

Ilustrasi harga beras
Ilustrasi harga beras

JAKARTA-RADAR BOGOR, Harga beras di Jakarta relatif terkendali, meski mengalami sedikit kenaikan. Bahkan, diprediksikan harga akan turun jelang Ramadan.

Harga beras jenis IR64 yang saat ini berada di angka Rp 10.175 per kg, disebut sudah turun Rp200 dari dua minggu lalu.

“Kalau kita simak di beberapa daerah, malah harga beras sudah di angka Rp12.000-Rp13.000. Jadi praktis di Jakarta ini relatif terkendali,” ujar Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo, Rabu (8/2/2023).

Avatar

Baca Juga:

Zulhas Pastikan Harga Beras Bakal Kembali ke HET Rp9.450 Per Liter

Pasalnya, menurut Pamrihadi, suplai beras dari Bulog dan program pangan murah bersubsidi masih berjalan. Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah mendatangkan beras dari Sumatera Selatan.

Dengan begitu, Pamrihadi memastikan bahwa stok beras untuk bulan Ramadan lebih dari cukup. Ia menjelaskan, saat ini ada 15 ribu ton beras di Pasar Induk Cipinang. Pihaknya sendiri punya cadangan beras sebanyak 6 ton, dan Bulog ada 40 ribu ton.

“Februari akhir akan mulai panen. Sehingga, diproyeksikan panen raya di bulan Maret pertengahan. Ini lebih cepat dari mulainya bulan Ramadan,” terangnya. “Jadi, praktis sebelum Ramadan, stok akan kembali lagi dan harga beras akan turun drastis,” sambung Pamrihadi.

Hingga sejauh ini, ia mengatakan bahwa kebutuhan akan beras di DKI tak terlalu bergejolak tinggi. Apalagi menjelang bulan Ramadan saat orang berpuasa. “Berdasarkan trennya, justru agak sedikit berkurang. namanya orang puasa, makannya berkurang,” tandasnya. (jpg)

Editor : Yosep