25 radar bogor

PWI Kota Bogor Peringati HPN 2023 dengan Tasyakuran dan Doa Bersama

PWI Kota Bogor Peringati HPN 2023 dengan Tasyakuran Sederhana

BOGOR – RADAR BOGOR, Peringatan Hari Pers Nasional 2023 berlangsung sederhana di Kota Bogor.

Acara peringatan HPN 2023 sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang dipusatkan di sekretariat PWI Kota Bogor, Jalan Tirto Adhi Soerjo, Tanah Sareal, Kota Bogor diisi syukuran doa bersama dan pemotongan tumpeng, pada Kamis (9/2/2023).  

Kegiatan tersebut diikuti pengurus dan anggota PWI Kota Bogor serta sejumlah tamu undangan.

Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti dalam sambutannya menyampaikan HPN yang mengangkat Pers Bebas Demokrasi Bermartabat itu merupakan momentum bagi seluruh insan pers, dimana memasuki tahun politik.

“Tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat, dalam posisi tahun politik pers harus dalam posisi yang netral dan independen, namun memang secara personel wartawan juga adalah warga negara yang punya hak politik,” kata Arihta.

Sedangkan untuk pengertian Pers Demokrasi Bebas Bermartabat harus dijalankan dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran.

Arihta juga kembali mengingatkan kembali tagline ‘Wartawan Benar, Benar Wartawan’ agar menjadi pedoman kepada seluruh insan pers yang hadir.

“Filosofinya wartawan benar adalah wartawan yang sudah terdata atau tersertifikasi di Dewan Pers melalui uji kompetensi, adapun benar wartawan adalah dari prodak dan karyanya berdasarkan kebenaran, karena tugas wartawan adalah mengawal kebenaran, dan berpihak pada kebenaran,” terang dia.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI dua periode itu berbangga hati masih dapat merayakan HPN 2023 pada tahun terakhirnya tersebut.

“Pak Kapolresta Bogor Kota yang baru juga menunjukan kedekatanya pada insan pers, pada hari ini memberikan kado yakni Marbot Mart,” ucap dia.

“Marbot Mart dari niat yang baik akan berhasil dengan baik, dan Insya Allah akan bermanfaat, PWI juga memilikinkoperasi yang bisa bersinergi dengan Masjid An Naba,” sambung Arihta.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim yang menghadiri perayaan HPN 2023 mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada seluruh insan peres, dan pelaku usaha pers, yang selama ini sudah bersama-sama mengawal berbagai program Pemkot Bogor.

“Termasuk selama masa pandemi bersama-sama mengatur ritme tetap memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak cepat putus asa, dan terus memberikan optimisme masa depan yang saat ini (disebut-sebut) masuk resesi,” ucap Dedie.

“Rapi menurut saya kalau pers bisa mengawal dan memberikan motivasi, memberikan berita baik Insya Allah masyarakat punya optimisme maju dan berkembang dan ekonomi akan terus berjalan,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai Direktur PJKAKI KPK.

Dedie juga menyampaikan momentum tahun politik ini dapat mengawal proses Demokrasi menuju Pemilu 2024 dengan damai, dan menghasilkan para pemimpin ditingkat nasional, maupun ditingkat daerah sesuai harapan masyarakat.

Memasuki tahun demorasi, meskipun berbeda-beda warna tapi hari ini hadir, mudah-mudahan tidak seperti d daerah lain.

“Kedepan mudah-mudahan pers kita kedepan bisa memberikan kesejukan dengan berita positif,” kata Dedie.

Kemudian, Dedie mendoakan kepada para pelaku usaha insan pers diberikan jalan mendapatkan kemudahan dan rezeki yang halal. Oleh karenanya, harus dipisahkan mana Wartawan, dan Benar Wartawan.

“Nilai pers pertama adalah integritas, dan kedua nilai keadilan,” ucap dia.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto berharap pada peringatan HPN 2023 dan HUT ke-77 PWI dapat berkontribusi semakin besar bagi bangsa Indonesia.

“Jadi kalau pernah Tadabbur surat Ali Imron ayat 110, ini sebenarnya sebuah tugas yang dilakukan teman-teman wartawan, yaitu mengingatkan untuk melakukan yang Maruf dan mencegah yang Mungkar,” ucap Atang.

Beberapa kali kesempatan, dijelaskan Atang DPRD Kota Bogor sering diingatkan ketika aea masalah di lapangan termasuk memastikan fungsi pengawasan, dan legislasi.

“Bagaimana lebih baik kedepan itu juga dilakukan oleh teman-teman insan pers. Mudah-mudahan karena masuk ke dalam golongan orang yang menyeru ke hal yang baik dan mencegah ke yang mungkar, menjadi pahala zariah yang mengalir ke teman-teman insan pers,” tukas politisi PKS itu.

Kegiatan syukuran juga diakhiri dengan peresmian Marbot Mart Masjid An Naba persis di belakang kantor sekretariat PWI Kota Bogor oleh Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso. (ded)

Editor : Yosep / Dikara PKL