25 radar bogor

Pupuk Jiwa Kepemimpinan Siswa, MAN 1 Bogor Gelar LDKS

MAN 1 Bogor melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di Megamendung Resort, 7-8 Februari. (Radar Bogor/ Dinar)

CISARUA-RADAR BOGOR, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor (MAN 1 Bogor) melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Megamendung Resort Bogor, 7-8 Februari 2022.


Acara LDKS ini bertujuan untuk memupuk dan membentuk jiwa kepemimpinan pada peserta didik MAN 1 Bogor.

Kepala MAN 1 Bogor, Nani Ruhyani mengatakan, kegiatan kesiswaan LDKS ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pihak kesiswaan. Acara ini bersumber dari dana Bantuan Operasional (BOS) dan Komite MAN 1 Bogor.

“Alhamdulillah tahun ini bisa diselenggarakan tidak di sekolah. Sehingga harapannya tentu pelaksanaan agar semakin kondusif,” paparnya.

Ia mengharapkan, jika suatu saat nanti ada pemimpin di Indonesia yang berasal dari MAN 1 Bogor. Menurutnya, kiprahnya kini tidak lepas pula dari kaderisasi kepemimpinan yang dialaminya pada masa sekolah.

“Bisa aja di antara kalian nanti ada yang jadi kepala madrasah, gubernur, bahkan RI 1 (presiden, red),” harapnya.

Wakil kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Lizariani mengucapkan terimakasih atas dukungan dari madrasah atas terselenggaranya kegiatan ini. Terutama kepada Ibu Kepala Madrasah, Nani Ruhyani, serta Kepala TU, Rahmatulloh.

“Meski awalnya direncanakan bulan November lalu, namun sempat tertunda dan alhamdulillah bisa direalisasikan bulan (februari) ini,” paparnya.

Ketua Pelaksana, Ading Solehudin menjelaskan, LDKS ini penting dilaksanakan, utamanya bagi calon pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), dan pengurus dari Esktrakulikuler di MAN 1 Bogor.


“Kami harap para peserta dapat mengikuti acara ini dari awal sampai akhir. InsyaAllah kalau kalian (peserta) bisa mengikuti dengan baik, akan ada manfaat yang akan kalian dapatkan,” papar Ading dalam sambutannya.

Acara-acara LDKS terdiri dari leadership, manajemen organisasi, manajemen adminstrasi, pembinaan mental, public speaking, penyusunan proposal dan LPJ, serta outbound yang bertujuan untuk membentuk soft skill kepemimpinan siswa.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto