25 radar bogor

Dua WNI Tewas Akibat Gempa Turki Ibu dan Anak, Tertimpa Reruntuhan

Gempa Turki
Turki kembali diguncang gempa Senin (20/2/2023) malam. Gempa kali ini berkekuatan M 6,4.

TURKI-RADAR BOGOR, Dua Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan menjadi korban tewas akibat tertimpa retuntuhan, dampak gempa Turki dan Suriah.

Dua WNI tersebut diketahui bernama Nia Marlinda beserta anaknya berusia satu tahun. Keduanya terjebak di tengah reruntuhan bangunan di Provinsi Kahraman Maras, Turki.

Sementara suaminya yang berwarnegaraan Turki, ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR otoritas setempat.

Avatar

Baca Juga:

Korban Tewas Akibat Gempa Turki dan Suriah Tembus 12.000 Jiwa

Dubes RI untuk Turki, Lalu M. Iqbal menjelaskan, Nia Marlinda merupakan warga asal Bali. Tim SAR berhasil menemukan jasad Nia Marlinda dan anak dalam kondisi terhimpit.

“Jumlah WNI sementara masih dua orang, Nia Marlinda dan anaknya,” kata Lalu M. Iqbal dalam surat keteranganya, Rabu (8/2/2023).

Lalu M. Iqbal menjelaskan, anak yang masih di bawah umur 18 tahun otomatis memegang paspor Indonesia. “Ini sesuai UU No. 12/2006 tentang Kewarganegaraan RI, anak kewarganegaraan ganda, dinyatakan kewarganegaraan Indonesia hingga maksimal usia 21 tahun,” katanya.

Saat ini tim KBRI Ankara tengah mengurus pemulasaraan jenazah kedua WNI tersebut. Jenazah Nia Marlinda dan anaknya akan dimakamkan Kota Kahramanmaras, Turki.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Ankara menyatakan, ada tiga warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban luka akibat gempa bumi di Turki.

Dalam keterangan resmi, KBRI Ankara mengungkap terdapat 500 WNI di lokasi gempa. Mereka tersebut di antaranya merupakan pelajar, pekerja spa terapis, pasangan yang menikah dengan warga setempat, dan pekerja di organisasi internasional yang beroperasi di perbatasan Turki-Suriah.

Hingga saat ini, KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

Selain itu, KBRI Ankara juga masih terus berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk memastikan ratusan WNI yang ada di lokasi gempa dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mendapat luka serius bahkan korban jiwa. (net/dis)

Editor : Yosep