25 radar bogor

Angin Puting Beliung Serbu Wilayah Kabupaten Bogor, Banyak Pohon Tumbang

BPBD memeriksa sejumlah wilayah yang mengalami pohon tumbang, Kamis (9/2). (Radar Bogor/ Septi Nulawam)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Angin puting beliung hingga hujan lebat terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor, Kamis (9/2). Beberapa rumah dikabarkan rusak terbawa angin hingga tertimpa pohon tumbang.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, ada sebanyak 22 titik di 12 kecamatan yang terdampak bencana alam tersebut.

“Sekitar pukul 09.15 hingga 11.00 WIB, terjadi angin kencang atau angin puting beliung, kemudian diiringi hujan lebat, berdampak ke sejumlah wilayah,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko saat dikonfirmasi.

Dari kejadian itu, sebanyak 7 titik pohon tumbang menimpa sejumlah rumah yakni di Kecamatan Citeureup, Tajurhalang dan Rumpin.

Kemudian, satu titik pohon tumbang di Kecamatan Jonggol menimpa dua pengendara roda dua hingga mengalami luka ringan.

Selain itu, angin kencang juga merusak sejumlah rumah warga di Kecamatan Jonggol sebanyak 1 unit, Jasinga satu unit dan Gunung Putri sebanyak 2 unit.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian,” jelas Aris.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari tempat-tempat berpotensi pohon tumbang saat cuaca angin kencang dan hujan lebat.


“BPBD Kabupaten Bogor saat ini terus melakukan penanganan evakuasi pohon tumbang, kemudian juga melakukan asesmen yang berikutnya mendata terkait dengan kebutuhan warga yang terdampak,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto