25 radar bogor

Parkir Berbayar di Kawasan Stadion Pakansari Dinilai Belum Mendesak

Ilustrasi. Warga bersantai di atas motornya yang terparkir di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Rencana penerapan parkir berbayar di sepanjang Jalan Kolonel Edy Yoso, Pakansari mendapat sorotan. Parkir berbayar itu berpotensi menimbulkan masalah baru.


Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Ade Sanjaya. Ia melihat masalah baru yang akan muncul jika aturan tersebut benar-benar diterapkan. Untuk itu, ia meminta Dinas Perhubungan (Dishub) lebih teliti sebelum memberlakukan aturan tersebut.

“Kajiannya harus matang. Apalagi, jalan itu merupakan akses ke Stadion Pakansari dan ini akan bagaimana jika ada parkir di sana,” ketus Ade Sanjaya, Rabu (8/2).

Ia mengingatkan Dishub agar tidak meniru parkir berbayar di Jalan Suryakencana, Kota Bogor. Sebab, tata kota di Jalan Edy Yoso dengan Suryakencana sangat berbeda.

Menurutnya, penerapan parkir berbayar di Jalan Edy Yoso tidak semendesak seperti di Suryakencana.

Sementara, Jalan Edy Yoso merupakan akses utama menuju Stadion Pakansari sebagai ikon Kabupaten Bogor. Kelayakan parkir berbayar di sana harus benar-benar diperhitungkan.

Selain itu, lanjut Ade, penerapan parkir berbayar ataupun parkir ilegal tidak semestinya dilakukan di badan jalan. Hal itu menurutnya berpotensi menabrak aturan yang sudah berlaku.

“Siapapun yang mau parkir, seharusnya bukan di badan jalan. Kalaupun ada keinginan dijadikan tempat parkir sebagai alternatif karena tidak ada kantong parkir, tentu harus ada kajian,” tegasnya.

“Jangan sampai nanti dibuat marka parkir, ternyata menganggu lalu lintas di sana, ini tentu akan lebih salah lagi,” sambungnya.


Sebelumnya, Dishub Kabupaten Bogor bakal menerapkan parkir berbayar di sepanjang Jalan Kolonel Edy Yoso Martadipura, akses menuju kawasan Stadion Pakansari itu. Parkir on the street ini ditujukan bagi kendaraan yang terpakir di bahu jalan tersebut. (*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto