25 radar bogor

April, Pasar Tanah Baru Bakal Dibuka

pasar tanah baru
Pembangunan Pasar Tanah Baru di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, terus digeber. Pembangunannya hampir rampung dan bakal dibuka tahun ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pasar Tanah Baru di Kecamatan Bogor Utara akan segera diresmikan. Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) menargetkan pasar tersebut dibuka pada bulan April mendatang.


Direktur Utama PPJ, Muzakkir Abdullah menuturkan saat ini pembangunan tambahan dan utilitas revitalisasi pasar rakyat Tanah Baru sudah mencapai progres 50 persen.

“Sebetulnya, untuk pembangunan pasar sudah rampung namun beberapa bagian masih kami kerjakan. Di antaranya jalan, saluran air, listrik, dan beberapa kios tambahan,” terang Muzakkir kepada Radar Bogor, Rabu (8/2).

Pasar yang mulai dibangun kembali sejak tahun 2022 lalu itu diharapkannya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu menempuh jarak yang jauh.

Upaya pembangunan pasar rakyat kecil di pinggir kota juga diharapkannya bisa memutus mata rantai masyarakat yang terbiasa berbelanja di pusat kota.

“Mereka bisa belanja sayur, ikan, atau kebutuhan lain dari pinggir kota,” imbuh dia.

Muzakkir menyebutkan, pihaknya akan mengutamakan warga sekitar dan pedagang yang sebelumnya sudah berjualan di area tersebut untuk mengisi pasar rakyat Tanah Baru. “Jumlah kiosnya ada lebih dari 100,” imbuhnya.


Anggaran yang digelontorkan untuk membangun pasar tersebut berasal dari 2 sumber. Untuk bangunan pasar utama merupakan bantuan dari kementerian dengan anggaran Rp3,6 miliar. Sementara untuk pembangunan tambahan berasal dari anggaran Perumda PPJ tahun 2022 senilai Rp1,9 miliar. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto