25 radar bogor

dr Raendi Rayendra Sambangi SMAN 6, Motivasi Ribuan Pelajar Jadi Pemimpin

The Next Leader
Workshop edukasi The Next Leader kembali menyambangi sekolah di Kota Bogor pada Selasa (7/2/2023). Kali ini di SMAN 6 Kota Bogor. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Workshop edukasi The Next Leader kembali menyambangi sekolah di Kota Bogor pada Selasa (7/2/2023). Kali ini di SMAN 6 Kota Bogor.

Sebanyak seribu pelajar dengan antusias menerima paparan materi dan motivasi soal kepemimpinan yang disampaikan Founder of Rayendra Dematology Clinic, dr. Raendi Rayendra, serta Presenter dan News Producer Indosiar, Utrich Farzah.

dr Rayendra menjelaskan, workshop The Next Leader merupakan wadah motivasi bagi anak-anak generasi Z untuk dapat mengembangkan potensi menjadi pemimpin di masa depan.

Avatar

Baca Juga:

Ratusan Siswa SMAN 4 Kota Bogor Dapat Bocoran Kiat Jadi Pemimpin

Dalam paparannya, dr Rayendra menyampaikan cara dan sikap yang mesti dimiliki para pelajat agar mereka dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya masing-masing.

“Workshop ini mengajarkan bahwa, untuk jadi pemimpin harus ada semangat dan perjuangan. Karena menjadi pemimpin itu tidak instan, dan pasti melalui proses jatuh bangun. Oleh karena itu, kami tekankan mereka bukan hanya secara teori namun juga mesti diaplikasikan sehari-hari,” terangnya kepada Radar Bogor.

Dirinya berpesan selain sikap untuk jadi pemimpin para pelajar juga harus memiliki perilaku yang arif, bijaksana, toleransi, serta pengertian pada orang lain. Hal itu diperlukan agar mereka dapat menjadi contoh untuk orang di sekitar lingkungannya.

Di samping itu, para pelajar juga diingatkan untuk banyak menjalin pertemanan lewat pergaulan sebab menurutnya, cara itu bisa mendorong kemampuan mereka menjadi pemimpin.

“Saya berharap mudah-mudahan materi ini jadi motivais untuk mereka. Sehingga bisa terus mengembangkan diri menjadi pemimpin muda dan hebat 10-20 tahun ke depan,” ucap dia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 6 Kota Bogor, Indra Madewa mengapresiasi workshop The Next Leader tersebut. Ia menilai nilai-nilai kepemimpinan memang butuh ditanamkan kepada para siswanya.

“Ini sangat penting karena semua orang pasti adalah pemimpin. Namun perlu diarahkan agar mereka bisa memahami nilai menjadi pemimpin yang baik,” ujar Indra.

Di samping itu, ia juga memandang materi yang disampaikan sangat bermanfaat. Sebab, dimasa sekarang para pelajar mesti memiliki kemampuan berkolaborasi sehingga dapat terus menjalin dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak.

Ia berharap, ke depan para siswa dapat bertransformasi menjadi pribadi dengan sikap kepemimpinan yang baik. “Kami juga ingin mereka jadi pemimpin selanjutnya yang lebih baik,” tutup Indra. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep