25 radar bogor

Soal Kasus GGAPA, Menkes Minta Teliti Kandungan Obat Sirup di Laboratorium Independen

Menteri Kesehatan Budi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Sadikin

JAKARTA – RADAR BOGOR, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah mendapatkan laporan adanya dua anak yang memiliki gejala gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) atau acute kidney injury (AKI).

Dia minta penyelidikan dilakukan di laboratorium independen untuk mengetahui kandungan pada obat sirup yang dikonsumsi dua anak di Jakarta tersebut.

Dia meminta untuk meneliti dengan saksama kasus itu. Satu anak telah terkonfirmasi AKI dan meninggal dunia. Satu lagi sedang dalam perawatan dan kasusnya masih diselidiki. ’’Agar dilihat apakah benar anak-anak ini meninggalnya karena GGAPA,” tuturnya di Jakarta kemarin (6/2).

Budi juga meminta melihat obat apa yang digunakan anak tersebut sebelum akhirnya sakit. Dia mendengar bahwa obat yang digunakan sudah betul-betul aman.

Satu anak yang meninggal karena GGAPA pada 1 Februari lalu dikabarkan minum obat sirup merek Praxion. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menyatakan bahwa obat ini aman dari cemaran etilena glikol (EG) yang melebihi ambang batas.

’’Kami akan cek di lab yang independen apakah memang zat kimia tersebut melebihi ambang batas atau tidak,” Ujarnya. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL