25 radar bogor

Manchester City Diduga Langgar 100 Aturan Liga, Pep Guardiola Ancam Mundur

Pelatih Manchester City Pep Guardiola
Pelatih Manchester City Pep Guardiola

MANCHESTER-RADAR BOGOR, Manchester City dituduh melakukan lebih dari 100 pelanggaran FFP, dalam sembilan musim berbeda sejak 2009/2010. Hal itu, membuat Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengancam bakal mundur jika klub tidak terbuka.

Ya, belum lama ini, pihak Premier League mendakwa Manchester City melakukan pelanggaran aturan finansial fair play selama empat tahun.

Dalam kasus ini, Guardiola habis-habisan membela Manchester City dari kritikan mengenai tuduhan penyimpangan keuangan klub itu. “Mengapa saya membela klub dan orang-orangnya? Itu karena saya bekerja dengan mereka,” katanya pada Mei 2022 lalu.

Avatar

Baca Juga:

Manchester City Terancam Degradasi, Diduga Langgar 100 Lebih Aturan Liga

“Ketika mereka dituduh melakukan sesuatu, saya bertanya kepada mereka: ‘Ceritakan tentang itu.’ Mereka menjelaskan dan saya percaya mereka,” sambungnya.

“Saya berkata kepada mereka: ‘Jika Anda berbohong kepada saya, lusa saya tidak ada di sini. Saya akan keluar dan saya tidak akan menjadi teman Anda lagi,” imbuhnya.

“Saya percaya kepada Anda karena saya percaya Anda 100% sejak hari pertama dan saya membela klub karena itu,” lanjutnya.

Sebelumnya, Manchester City terkena skors dua tahun dari Liga Champions dan denda €30 juta (£25 juta/$33 juta) karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP), tapi hukuman itu kemudian dicabut oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Namun banding serupa tidak akan mungkin dilakukan kali ini, karena aturan yang diterapkan oleh Liga Primer membuat City tidak bakal bisa membawa kasus terbaru ini ke CAS.

Dalam pernyataan Premier League, Manchester City dituduh melakukan lebih dari 100 pelanggaran FFP dalam sembilan musim berbeda sejak 2009/2010.

Akibat beragam pelanggaran tersebut Man City bisa mendapatkan sejumlah hukuman. Salah satu hukuman yang bisa diterima adalah terdegradasi dari Premier League atau level elite Liga Inggris.

Selain itu, Manchester City juga bisa menghadapi sanksi pengurangan poin, larangan transfer, pembatasan biaya transfer, hingga pencabutan gelar sebelumnya yang dimenangkan selama periode pelanggaran itu. (net/dis)

Editor : Yosep