25 radar bogor

Kejar Target Rp20 Miliar, Gembleng 500 Orang jadi Duta Zakat

Baznas Kabupaten Bogor memberikan pengarahan pada perwakilan pengurus unit Baznas di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (7/2). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 500 orang perwakilan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari berbagai kalangan masyarakat Kabupaten Bogor didedikasikan untuk menjadi Duta Akhlak dan Duta Zakat.


Mereka diberikan pembinaan dan pelatihan oleh Baznas Kabupaten Bogor untuk mengakselerasi peningkatan literasi zakat dan kemudahan layanan pembayaran Zakat Infaq Sedekah (ZIS) tengah di masyarakat.

Ketua Baznas Kabupaten Bogor, KH Lesmana mengatakan, program ini sejalan dengan program 10.000 orang Duta Zakat Baznas Provinsi Jawa Barat.

“Duta zakat dan ahklak ini nantinya meyakinkan dengan ahklak kepada masyarakat, bukan karena paksaan untuk membayar zakat, infak dan sedekah ke Baznas,” ucapnya dalam Rapat Koordinasi Bersama UPZ Se-Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa, (7/2/2023).

Duta Ahklak dan Duta Zakat ini diberikan pelatihan agar nantinya secara aktif meneruskan pemahaman tentang ZIS di lingkungan masing-masing. Ditambahkan Lesmana, masih banyak pihak lain yang menghimpun zakat tanpa Surat Keputusan (SK) sebagai UPZ yang diakui pemerintah.

“Karena Baznas merupakan satu-satunya lembaga zakat yang diakui pemerintah. Saat ini ada 800 UPZ di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Lesmana berharap, kehadiran Duta Ahklak dan Duta Zakat dapat menggenjot capaian ZIS berlandaskan amanah dan juga akhlak yang baik. Apalagi, Baznas Kabupaten Bogor menjadi Baznas terbaik se-Jawa Barat, serta penghimpun zakat terbaik di tingkat Nasional.


“Tahun 2023 ini kami menargetkan penghimpunan ZIZ sebesar Rp20 miliar, dengan tujuan menyejahterakan masyarakat di sektor pendidikan, kesehatan, fakir miskin dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),” pungkas Ketua Baznas Kabupaten Bogor.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto