25 radar bogor

Kebun Raya Bogor Perbaharui Wajah Taman Akuatik, Ada Spot Swafoto

Pengunjung bisa menikmati spot baru di Taman Akuatik Kebun Raya Bogor. (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kebun Raya Bogor memperbaharui salah satu salah satu spotnya yakni Taman Akuatik.


Taman ini menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik pengunjung saat ke Kebun Raya Bogor. Sudah ada sejak zaman Belanda yang dirintis oleh Thomas Stamford Raffles.

Koordinator Registrasi Koleksi, Mei mengatakan, Taman Akuatik sendiri mulanya berfungsi sebagai tempat hidup bagi tumbuhan-tumbuhan air.

Seiring dengan berkembangnya Kebun Raya Bogor, taman ini dilakukan revitalisasi kembali agar lebih menarik minat pengunjung untuk datang.

Terdapat lima kolam besar di Taman Akuatik yang menyimpan koleksi berupa tumbuhan air tergenang seperti Nymphaea lotus L, Sagittaria latifolia Willd, dan Lepironia articulata (Retz.) Domin.

Koleksi tumbuhan tepi air seperti Cyperus papyrus L, Myriophyllum aquaticum (Vell.) Verdc, dan Monochoria hastata (L.) Solms. Koleksi tumbuhan air terendam seperti Cyrtosperma sp, Thalia geniculata L, dan Oryza sativa L.

Koleksi tumbuhan air mengapung seperti Acanthus ilicifolius L, Lasia spinosa (L.) Thwaites, dan Oryza barthii A. Chev. Terakhir, yaitu koleksi tumbuhan air campuran seperti Aquarius cordifolius (L.) Christenh. & Byng, Sagittaria subulata (L.) Buchenau, dan Anubias barteri var. glabra N.E. Br.

Tumbuhan tersebut ditata sedemikian rupa dengan dihiasi air mancur untuk memperindah kolam. Selain tumbuhan koleksi air, di Taman Akuatik juga terdapat tumbuhan koleksi non tanaman air dan tumbuhan non koleksi.

“Terdapat 14 jenis tumbuhan non koleksi. Sisanya yaitu tanaman koleksi air dan tanaman koleksi non air. Jika dijumlahkan, terdapat 134 jenis tanaman koleksi di Taman Akuatik” kata Mei.

Setiap tumbuhan yang berada di Taman Akuatik memiliki papan informasi yang memberikan keterangan mengenai jenis tumbuhan tersebut. Tak ketinggalan, beberapa kursi taman artistik berwarna putih bersih serta beberapa tempat duduk semi tertutup seperti gazebo.

Jika pengunjung lelah mengelilingi Taman Akuatik, mereka dapat bersantai di kursi tersebut. Bahkan, biasanya dijadikan sebagai spot foto para pengunjung.

Spot foto menarik lainnya yang terdapat di Taman Akuatik yaitu jembatan kayu yang berada diatas danau dengan latar belakang tumbuhan air yang sangat indah.

Jembatan ini dapat dilewati oleh para pengunjung yang datang baik untuk berfoto maupun menuju area lainnya, sehingga pengunjung mendapatkan berbagai angle saat berfoto.

Avatar

Baca Juga:

Kostan di Bubulak Produksi Ganja Sintetis, Pelakunya Sopir Angkot


Selain Taman Akuatik, Kebun Raya Bogor juga memiliki fasilitas yang dapat pengunjung gunakan secara gratis maupun yang disewakan seperti sepeda tandem, e-bike, golf car, antelope e-bike, dan masih banyak lainnya.

“Pengunjung yang ingin menikmati fasilitas tersebut, tidak perlu pergi jauh ke luar negeri. Cukup datang ke Kota Hujan dan berkunjung ke Kebun Raya Bogor,” ajak Mei.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto