25 radar bogor

Jembatan Penghubung Desa Ambles, Begini Kondisinya

Akses jalan raya Kalongliud Bantarkaret atau Jembatan Cinunggul Kampung Bongas RT 03/05 ambles dan rawan dilalui kendaraan. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Akses jalan raya Kalongliud Bantarkaret membahayakan pengendara. Pasalnya, Jembatan Cinunggul Kampung Bongas RT 03/05 jebol dan belum ada perbaikan.

Kepala Desa Kalongliud, Jani Nurjaman menjelaskan, kondisi tersebut disebabkan terjadi abrasi yang menggerus fondasi bawah jembatan. Tak pelak, jalan berlubang.


“Untuk lokasi jembatan ada di bagian batas Desa Kalongliud dan Pangkal Jaya. Sudah 5 hari yang lalu terjadi abrasi,” ucapnya.

Ia mengaku, saat ini jalan menuju ke perusahaan PT Antam Pongkor rawan untuk dilewati. Meskipun pengguna masih bisa menggunahkan separuh jalan.

“Kondisi di bawah aspal nyaris tidak ada tanah penyangga, sehingga sangat rawan untuk dilewati kendaraan,” kata Jani.

Dirinya menuturkan, jembatan yang dibangun tahun 1985 itu sudah sangat layak dirombak total. Karena satu-satunya akses menuju ke perusahaan PT. Antam Tbk UBPE Pongkor.

“Menurut informasi, sudah lama belum pernah dilakukan pembangunan dan kami berharap perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor supaya bisa ada perbaikan,” ungkapnya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto