25 radar bogor

Heboh, Muncul Fenomena Awan Aneh Sebelum Gempa Turki

Fenomena Awan
Fenomena awan mirip UFO yang muncul di langit Turki, sebelum gempa 7,8 SR mengguncang, Senin (6/2/2023) pagi.

TURKI-RADAR BOGOR, Gempa 7,8 SR mengguncang Turki hingga Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi. Sebelum gempa terjadi, muncul fenomena awan di langit Turki pada Kamis (19/2/2023).

Kedua hal ini dinilai saling dikaitkan, dan disebut-sebut sebagai tanda alam. Gumpalan awan itu, berbentuk aneh dan mengejutkan warga Bursa di Turki.

Video yang direkam dari kendaraan yang sedang berjalan itu, sempat viral di media sosial. Warganet menyebutkan jika awan itu terlihat seperti UFO dan berputar di atas gedung-gedung.

Avatar

Baca Juga:

3.500 Korban Tewas Akibat Gempa Turki, #PrayForTurkey Bergema

Awan itu menampilkan formasi berbentuk lingkaran besar saat matahari terbenam. Ada pola melingkar dan sebuah lubang terlihat muncul dari tengah gumpalan awan.

Menurut keterangan Direktorat Meteorologi Turki, ini merupakan awan lensa yang dibentuk oleh fluktuasi angin kencang di atas bukit dan pegunungan, seperti dikutip dari Al-Jazeera.

Sementara itu, korban tewas akibat gempa 7,8 SR yang mengguncang Turki mencapai ribuan, dan diperkirakan akan terus bertambah.

“Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit,” ucap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania menyampaikan, jika getaran gempa di Turki itu juga dirasakan di beberapa negara lainnya seperti Sipruh, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak hingga Rumania, Georgia dan Mesir. (net)

Editor : Yosep