25 radar bogor

Pemkab Bogor Klaim Telah Bantu Jaminan Kesehatan 4.754 Aparatur Desa

Petugas medis saat memeriksa kesehatan warga. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebagai ujung tombak pemerintah daerah, aparatur pemerintah desa perlu mendapat jaminan kesehatan yang layak.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengklaim telah memberikan jaminan kesehatan kepada 4.754 aparatur desa sejak awal 2020 lalu.

“Melalui jaminan kesehatan, kami memastikan bahwa semua perangkat desa terlindungi kesehatannya hingga fasilitas layanan kesehatannya. Khususnya, para aparatur desa yang ada di seluruh Kabupaten Bogor,” ujar Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah, Senin (6/2).

Ia menjelaskan, mekanisme jaminan kesehatan tersebut dilakukan dengan cara bantuan pembayaran iuran bagi aparatur desa sebesar 5 persen. Ketentuannya, 4 persen dari APBD Kabupaten Bogor dan 1 persen dari APBDesa, utamanya ADD atau dana lain selain Dana Desa.

Selain bagi aparatur desa, jaminan kesehatan ini juga berlaku bagi lima jiwa yang terdiri dari 1 orang kepala atau perangkat desa, 1 orang istri/ suami dan 3 anak berdasarkan urutan kelahiran.

“Mudah-mudahan setelah jaminan kesehatan ini kita tanggung, semua perangkat desa mulai dari kepala desa sampai dusun mereka bisa terlindungi, terjamin kesehatannya dan makin merasa nyaman juga, lebih optimal dalam menjalankan tugas dan kinerjanya,” jelas Renaldi.

Kepala Desa Ciangsana Kecamatan Gunung Putri, Udin Saputra menyambut baik program tersebut. Dari yang sebelumnya punya jaminan kesehatan mandiri dan bahkan harus bayar sendiri, kini mendapat bantuan iuran oleh Pemkab Bogor.


“Apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Bogor, kami sangat terbantu yang tadinya belum punya, yang mandiri sekarang kami semua dipastikan terfasilitasi jaminan kesehatannya,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto