25 radar bogor

Nunung Berencana Angkat Payudara, Kanker yang Diderita Sudah Stadium 2A

Nunung Berencana Angkat Payudara, Kanker yang Diderita Sudah Stadium 2A

JAKARTA-RADAR BOGOR. Hasil pemeriksaan medis dari komedian Tri Retno Prayudati atau yang akrab disapa Nunung terkait kanker payudara sudah keluar akhir pekan lalu. Hasilnya, pelawak dari grup Srimulat itu mengalami kanker payudara stadium 2A.

“Hasilnya memang arahnya ke sana, stadium 2A. Kemarin dengar infonya seperti itu dari anakku yang lagi dekat sama Mami Nunung,” kata Nunik, adik dari pelawak Nunung kepada JawaPos.com, Senin (6/2).

Dilansir dari Alodokter, yang dimaksud dengan kanker payudara stadium 2A adalah sebuah kondisi tumor atau kanker sudah memiliki ukuran lebih besar dari 2 centimeter tapi kurang dari 5 centimeter. Pada kondisi ini, biasanya sel-sel kanker payudara ditemukan pada kelenjar getah bening atau bisa juga ukuran kanker lebih dari 5 centimeter tetapi sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Nunik bersyukur, hasil pemeriksaan sang kakak menyatakan belum ada penyebaran sel kanker ke organ-organ tubuh lainnya. ’’Sel kanker baru ditemukan pada area payudara saja. Paru-parunya bagus, organ-organ lain juga bagus, nggak sampai nyebar kemana-mana,” tuturnya lebih lanjut.

Setelah mengetahui hasil pemeriksaan medis, Nunung direncanakan akan melakukan operasi pengangkatan payudara. Namun mengenai waktunya masih belum ada jadwal pastinya dari dokter sampai sekarang. “Lagi cari jadwalnya dulu. Katanya masih perlu tindakan apa gitu sebelum operasi dilakukan,” tutur Nunik lebih lanjut.

Sebelumnya, Nunung sudah menceritakan soal kanker payudara yang bersarang di tubuhnya. Menurut dia, benjolan di payudara itu sebenarnya sudah ada cukup lama. Awalnya dia tidak terlalu mengkhawatirkannya namun belakangan muncul benjolan pada ketiak dan mulai terasa cukup mengganggu.

“Awalnya saya diemin tapi kok mengganggunya. Di ketiak makin gede sampai bawa tas saja nggak kuat. Akhirnya cek ke dokter. Dokter sebenarnya sudah curiga karena saya ada turunan,” tutur Nunung dalam video saat berbincang dengan Ruben Onsu di MOP Channel di YouTube. Setelah diperiksa melalui USG dan mammografi, diketahui adanya kanker payudara yang didudga mengarah ke ganas.(JPG)

Editor : Yosep/Ayu. PKL