25 radar bogor

Desainer Pertama, Sandy Powell Raih Penghargaan BAFTA Fellowship

Desainer Pertama, Sandy Powell Raih Penghargaan BAFTA Fellowship

JAKARTA-RADAR BOGOR. Perancang busana asal Inggris, Sandy Powell, telah menorehkan prestasi yang membanggakan dalam industri. Dia tiga kali berhasil memenangkan perhargaan Academy Award untuk kategori perancang kostum terbaik lewat kostum yang dibuatnya dalam film Shakespeare in Love , The Aviator, dan The Young Victoria.

Di ajang pemberian penghargaan BAFTA 2023 yang akan berlangsung di London, Inggris, pada Minggu, 19 Februari 2023 mendatang, Sandy Powell akan mendapatkan penghargaan tertinggi BAFTA Fellowship yang akan dipersembahkan oleh British Academy of Film and Television Arts (BAFTA).

Menariknya, Sandy Powell merupakan perancang busana pertama yang akan mendapatkan penghargaan BAFTA Fellowship sebagai bentuk apresiasi sekaligus pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa pada industri perfilman.

Dikutip dari Deadline, Senin (6/2), Sandy Powell menyatakan akan menerima penghargaan tersebut. Dia pun merasa sangat bangga bisa mendapatkan penghargaan tertinggi BAFTA Fellowship yang biasanya diberikan kepada sutradara dan aktor di dunia perfilman.

“Saya sangat tersanjung menerima BAFTA Fellowship dan sangat bangga menjadi desainer kostum pertama. Saya beruntung karena saya menyukai apa yang saya lakukan dan sangat beruntung telah berkolaborasi dengan beberapa orang paling berbakat dan inspiratif di industri ini baik di belakang maupun di depan kamera,” kata Sandy Powell.

Jane Millichip, CEO BAFTA, memberikan pujian terhadap perancang busana berusia 62 tahun itu. Dia menyebut Sandy Powell bukan cuma seorang desainer hebat, tapi dia juga merupakan seorang storyteller yang hebat.

“Kostumnya bukan hanya memesona dan indah, tapi juga mampu memberikan narasi yang cemerlang dan menyediakan infrastruktur untuk karakter. Selama lebih dari tiga dekade, Sandy telah meningkatkan kesadaran akan kerajinan desain kostum dalam film dan memberikan sorotan bagi para desainer dalam pembuatan film. Kami berharap dapat menghormati karya Sandy di EE BAFTA Film Awards. Dan akan bekerja dengannya di tahun mendatang untuk menginspirasi generasi penerus,” tuturnya.

Sandy Powell telah berjasa untuk dunia perfilman selama sektitar 3 dekade sejak tahun 80-an lewat desain kostum yang dibuatnya. Beberapa karyanya ada dalam film berjudul Interview with a Vampire, The Crying Game, Mary Poppins Returns, Cinderella, The Wolf of Wall Street, The Irishman, Velvet Goldmine, The Favourite, dan yang lainnya.(JPG)

Editor : Yosep/Ayu. PKL