25 radar bogor

Tampung 1.400 Kucing Jalanan, Shelter Parung Butuh Bebaskan Lahan

Kucing-kucing dan anjing yang ditampung di Rumah Singgah Clow, Parung, Kabupaten Bogor. (Instagram @rumahsinggahclow)

BOGOR-RADAR BOGOR, Rumah Singgah Clow nyaris kehilangan harapan. Shelter kucing-kucing telantar di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor itu mengalami keculitan untuk membebaskan lahan untuk shelter.


Lewat unggahan di akun Instagram @rumahsinggahclow, shelter tersebut meminta bantuan para relawan, Sabtu (4/2). Bantuan itu diupayakan melalui Gerakan 10RB.

Dana yang dibutuhkan untuk memberikan shleter nyaman untuk lebih dari 1.400 kucing sangat besar. Totalnya masih membutuhkan tambahan dana Rp300 juta.

Hal itu membuat para pengurus Rumah Singgah Clow dilema. Pilihan antara menangani kasus-kasus kucing yang masuk ke shelter atau menghentikannya.

Pasalnya, pengurus shelter itu sudah mengupayakan berbagai cara untuk mendapatkan dana. Di antaranya seperti menggadaikan 2 BPKB mobil.

Aset saya sudah tidak ada lagi yang bisa digadai, 2 BPKB Mobil pun sudah saya masukkan Sekolah Leasing. Kalau saya punya rumah sudah pasti akan saya gadaikan ke bank juga buat Shelter, karena kepentingan shelter lebih utama buat saya,” curhatnya dalam unggahan itu.

Saya ingin fokus ke pembelian tanah, tapi apa daya laporan kucing kondisi darurat masuk terus. Biaya yang dikeluarkan pun cukup besar,” tambahnya lagi.

Unggahan itu pun menyebar di berbagai platform media sosial, baik Instagram maupun Twitter. Banyak pecinta hewan yang juga prihatin dan mengulurkan bantuan.

Hanya dalam sehari, unggahan itu pun menggerakkan sejumlah donatur. Bahkan, Rumah Singgah Clow mendapatkan donasi sebesar Rp100 juta.

Sementara itu, Gerakan 10RB yang diupayakan melalui media sosial juga telah tembus hingga Rp35 juta.

Hal itu pun menjadi dorongan semangat bagi pengurus Rumah Singgah Clow untuk mengupayakan shelter yang memadai bagi 1.400 kucing di sana.

Kemarin-kemarin bingung bahkan agak down karena kasus rescue-an banyak sekali masuk. Pikiran jadi kepecah antara rescue dan pembelian tanah,” ungkap unggahan itu.


Semua bisa karena kehendak Allah yang menggerakkan hati teman-teman semua membantu kucing jalanan biar dapat Rumah Tetap,” tandasnya.

Proses pembebasan lahan untuk shelter kucing-kucing jalanan itu masih berjalan. Sumbangan pun terus mengalir untuk memberikan rumah tetap di Kecamatan Parung itu. (*/mam)

Editor: Imam Rahmanto