25 radar bogor

PKL Digusur dari Taman Heulang, Satpol PP Janjikan Solusi

Para pedagang kaki lima (PKL) dilarang berjualan di sekitar kawasan Taman Heulang. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di Taman Heulang Kota Bogor meradang. Itu udai mereka tal dieprbolehkan lagi berjualan di sekitar kawasan Kecamatan Tanah Sareal tersebut.


Meski begitu, Kepala Satpol PP Kota Bogor, Agustian Syach mengakui, sejak diberlakukan kebijakan larangan berjualan di Taman Heulang, sejumlah pedagang memang merasa keberatan dan meminta agar bisa berjualan kembali.

“Kendalanya para pedagang keberatan karena merasa ini satu minggu sekali, tapi komplain warga setempat juga harus diperhatikan,” tutur Agus kepada Radar Bogor, baru-baru ini.

Menurutnya, larangan berjualan di seputar kawasan Taman Heulang sudah menjadi kebijakan yang harus diterapkan. Namun, ia berjanji akan mencari solusi bagi pedagang kke depannya.

“Jadi tetap kami larang berjualan di sana, sambil coba diatur. Kita carikan solusinya apakah ada space kosong yang tidak mengganggu warga, tetapi bisa menampung pedagang berjualan di hari Minggu,” ucap dia.

Agus masih berkoordinasi dengan pihak kelurahan terkait hal tersebut. Mantan Camat Bogor Tengah ini menilai, pedagang memang harus dicarikan tempat di sekitar lokasi Taman Heulang.

“Karena orang yang olahraga di sana banyak yang mencari pedagang berjualan. Ketika dilakukan penyekatan tidak ada yang berjualan dan yang berolahraga juga agak berkurang. Makanya kita coba cariin solusinya, terus juga sambil atensi warga kita perhatikan,” beber Agus.

Sebelumnya, warga sekitar Taman Heulang merasa terganggu dengan keberadaan “pasar kaget” yang menampung sejumlah pedagang, tiap Minggu. Warga merasa terganggu akses keluar masuk ke rumah.

Selain itu, keberadaan mainan odong-odong yang memakai sound sitem yang terlalu kencang membuat warga perumahan tidak nyaman.


Sebenarnya, Satpol PP berupaya mencegah adanya pasar kaget itu fengan penyekatan. Salah satu tujuannya memberikan rasa nyaman kepada warga yang tinggal di sekitaran Taman Heulang. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto