25 radar bogor

Tak Kantongi Ijazah SD, Cakades Tajurhalang Gagal Bertarung

Ketua Panitia Pilkades Tajurhalang, Asmahjati. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

TAJURHALANG-RADAR BOGOR, Dua calon kepala desa (cakades) Tajurhalang yang bakal bertarung dalam Pilkades di Kabupaten Bogor. Satu cakades yang gagal menggugat panitia Pilkades.


Asan Umar gagal dalam proses verifikasi karena dianggap tak memiliki ijazah kelulusan Sekolah Dasar (SD). Panitia Pilkades mengganggap datanya juga tak memenuhi syarat.

Hal itu membuatnya berang. Ia tak terima dan ingi menggugat para panitia karena tak meloloskannya untuk bersaing bersama dua cakades yang sudah ditetapkan.

Ketua Panitia Pilkades Tajurhalang, Asmahjati menegaskan, sejak awal pihaknya sudah membantu untuk melakukan perbaikan dokumen hingga tanda tangan Dinas Pendidikan (Disdik) jika memang ijazahnya sesuai.

Namun, dirinya sudah menerima dokumen dari Disdik yang menyertakan bahwa Asan Umar tidak pernah lulus di sekolah yang disertakan di syarat pendaftaran.

“Akhirnya, saat verifikasi kami punya dokumen bahwa nama tersebut hanya tidak lulus dengan alasan malas bersekolah,” jelasnya.

Asmahjari juga telah meminta dinas untuk membandingkan tahun lulus 1999 dan 2009. Bahkan, mereka menemui dua mantan kepala sekolah pada tahun itu.

“Tetap hasilnya tidak lolos dan syarat utama ijazah, karena yang bersangkutan memiliki ijazah persamaannya paket B SMP dan tidak memiliki ijazah SD sesuai syarat kelengkapan administrasi semua calon,” tegasnya.


Menurutnya, hasil penetapan itu sudah final. Panitia Pilkades memiliki surat langsung dari Disdik untuk membuktikan data kelulusan dari cakades tersebut.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto