25 radar bogor

Kabupaten Bogor Punya Hutan Kota, Lokasinya di Pakansari

Serah terima hutan kota dari Yayasan Korindo ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jumat (3/2). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pesatnya pembangunan di wilayah Cibinong perlu diimbangi dengan kawasan hijau demi keseimbangan ekosistem lingkungan. Keberadaan hutan kota Pakansari diharapkan mampu menjawab hal tersebut.


Hal itu diungkapkan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai serah terima hutan kota dari Yayasan Korindo ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jumat (3/2). Ia menekankan agar lebih banyak lagi pohon yang ditanam di kawasan Pakansari. Tujuannya agar menjadi paru-paru dunia dan wilayah itu lebih sejuk.

Iwan menegaskan, keberadaan hutan kota di Kawasan Stadion Pakansari Cibinong diproyeksikan menjadi paru-paru Kabupaten Bogor. Selain menjaga kelestarian, hutan kota bisa menjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem di perkotaan.

“Harus ada tim khusus untuk menjaga Hutan Kota Cibinong, PIC-nya DLH kerjasama dengan Satpol PP juga lurah, agar kebersihan dan keindahannya tetap terjaga,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Iwan Setiawan berterima kasih kepada PT. Korindo yang turut menjaga keseimbangan serta mendukung pembangunan di Kabupaten Bogor.

Sekjen Yayasan Korindo, Soe Jongsik menjelaskan, kerja sama tertuang di dalam surat nomor 097/YK/8/2019 tanggal 29 Agustus 2019 lalu.

Pihaknya menyambut baik hal tersebut. Apalagi pembangunan hutan yang baru maupun kegiatan reboisasi hutan yang sudah rusak atau lahan kritis sangat diperlukan, dalam menjaga ekosistem dan perimbangan yang baik antara pembangunan infrastruktur di satu pihak dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan.


“Kini hutan kota Pakansari dengan 1.170 pohon ini menjadi hutan yang subur, lebat, dan terpelihara dan hari ini kami serahkan kepada Pemkab Bogor,” imbuhnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto