25 radar bogor

Didesak Segera Lelang, UKPBJ Dampingi Dinas Input Data Kegiatan

kontraktor
Pekerjaan pembangunan pedestrian Alternatif Sentul-Kandang Roda, beberapa waktu lalu. Sejumlah kontraktor mengeluh lambatnya pembayaran pengerjaan dari Pemkab Bogor di pembangunan 2022, foto :Dok/Radar Bogor/Hendi Novian

CIBINONG-RADAR BOGOR, Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) Kabupaten Bogor didesak untuk segera melakukan proses lelang kegiatan di tahun 2023 ini.


Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Bogor pun tengah melakukan pendampingan penginputan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

“Setelah input SIRUP selesai, kemudian kami tindak lanjuti dan diumumkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa pemerintah, selanjutnya masuk proses lelang kegiatan,” kata Kepala UKPBJ Kabupaten Bogor, Adriawan, Kamis (2/2) kemarin.

Dengan begitu, pihaknya berharap dapat mempercepat proses pengadaan barang dan jasa di masing-masing SKPD.

Selain untuk menindaklanjuti perintah Plt. Bupati Bogor segera merealisasikan kegiatan di tahun anggaran 2023 ini. Pihaknya menargetkan penginputan SIRUP dapat selesai di akhir Februari ini.

“Setelah semua selesai, di bulan Maret sudah bisa mulai proses lelang kegiatan,” ucap Adriawan.

Selain itu, pihaknya juga telah melayangkan surat edaran ke setiap SKPD dan kecamatan untuk menyelesaikan semua kegiatan pada akhir November 2023.

“Surat edaran sudah dikirim ke masing-masing SKPD memberitahukan jika tahun ini pekerjaan harus selesai akhir November,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mendesak Plt. Bupati Bogor mempercepat realisasi program kegiatan di 2023. Seluruh SKPD pun diminta segera memasukan dokumen lelang ke UKPBJ di awal tahun ini.


APBD Kabupaten Bogor Tahun 2023 menyentuh di angka Rp9,1 triliun. Dengan cepatnya kegiatan terealisasi, tidak ada program luncuran pada tahun 2024.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto