25 radar bogor

Artifact, Platform Berita Berbasis AI Buatan Pendiri Instagram

Artifact
Platform berita Artifact

JAKARTA-RADAR BOGOR, Dua pendiri Instagram yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger, dikabarkan sedang mengembangkan sebuah proyek. Bukan lagi media sosial (medsos) baru, melainkan sebuah aplikasi berita bernama Artifact.

Dilansir via Engadget, menurut Systrom kepada Platformer, nama Artifact berarti “Articles, Facts, and Artificial Intelligence.” Jadi bisa dibilang, Artifact adalah aplikasi agregator berita yang digerakkan algoritma rekomendasi berbasis Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Saat pertama kali meluncurkan Artifact, Anda akan melihat feed utama yang diisi oleh cerita dari publikasi seperti The New York Times. Saat pengguna membaca lebih banyak artikel, aplikasi akan mulai mempersonalisasi.

Menurut Systrom, sistem rekomendasi tujuh tim Artifact yang dibangun memprioritaskan berapa lama pengguna menghabiskan waktu membaca tentang subjek tertentu dari pada klik dan komentar.

Avatar

Dia menambahkan, Artifact akan menampilkan berita dari outlet “kiri” dan “kanan”, meskipun perusahaan tidak akan mengizinkan posting yang mempromosikan kepalsuan.

Pada masa mendatang, aplikasi ini juga akan menampilkan komponen sosial. Systrom dan Krieger berencana meluncurkan Feed yang akan menyoroti artikel dari pengguna yang dikuti, di samping komentar mereka tentang konten tersebut.

Selain itu, pengguna dapat mendiskusikan posting-an secara pribadi melalui kotak masuk pesan langsung. Saat ini, Systrom dan Krieger mendanai proyek tersebut dengan uang mereka sendiri.

Mereka mengatakan, Artifact mewakili upaya pertama untuk membayangkan seperti apa aplikasi sosial generasi berikutnya. Jika Anda ingin mencoba apa yang mereka buat, Anda dapat bergabung dengan daftar tunggu untuk aplikasi iOS dan Android beta.

System juga mengatakan tim berencana untuk mengundang pengguna baru dengan cepat. Apakah platform berita berbasis AI ini akan sukses di pasaran? Kita nantikan saja. (jpg)

Editor : Yosep