25 radar bogor

Pembangunan Skybridge Bojonggede Capai 70 Persen, Bakal Dimulai Oktober 2023

Warga membangunan jembatan penyebrangan Stasiun Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pembangunan jembatan tersebut untuk mengurai kemacetan di sekutar Stasiun. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOJONGGEDE-RADAR BOGOR, Progres pembangunan Jembatan Layang atau Skybridge di Bojonggede diklaim telah mencapai 95 persen. Itu dari 70 persen keseluruhan fisik.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridho menerangkan, pembangunan skybridge itu dilakukan secara bertahap sesuai dengan desain teknis bangunan atau DED.

“Bulan Februari akhir mencapai 100 persen untuk 70 persen. Karena pembangunan untuk 2023 ini hanya 70 persen,” ucapnya, Kamis (2/2).

Alhasil, kata dia, hanya tinggal menyisakan 30 persen untuk merampungkan pembangunan Skybridge yang digadang-gadang mampu mengurai kemacetan di wilayah stasiun Bojonggede tersebut.

“Jadi, sebentar lagi sampai 100 persen dan nanti dilanjutkan lagi yang 30 persen di sekitar bulan April. Semua anggarannya dari pusat,” jelas Agus.

Skybridge yang dibangun bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ini rencananya akan dilaunching pada Oktober 2023 nanti.

Untuk diketahui, pembangunan Skybridge Bojonggede telah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Setelah Pemkab Bogor menyediakan lahan, BPTJ yang menganggarkan pembanguann tersebut.

“Anggarannya sekitar Rp16 miliar. Skybridge menghubungkan Stasiun Bojonggede dengan terminal. Jadi di stasiun sendiri kita bikin hall,” ucap Direktur Sarpras BPTJ, Jumardi.

Dengan lebar 3 meter, skybridge bakal terintregasi dengan Park and Ride yang rencananya juga akan dibangun oleh pihak swasta. Dengan adanya rekayasa lalu lintas melalui skybridge ini, dianggap secara efektif mengurangi risiko kemacetan.


“Terminal ini ditata bersamaan, kemudian arus direkayasa dan Dishub yang melakukan itu,” pungkasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto