25 radar bogor

Gempa Bumi M4,4 Guncang Banten

BMKG

BOGOR-RADAR BOGOR, Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Kecamatan Bayah, Banten, Kamis (2/2). Gempa tektonik itu berkekuatan magnitudo 4,4.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi sekita pukul 19.45 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M4,4.


Episenter terletak pada koordinat 7.28 LS dan 106.14 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 kilometer Barat Daya Kecamatan Bayah dengan kedalaman 25 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” ungkap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam rilis resmi, Kamis (2/2).

Ia menambahkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Bayah, Malingping, Ciracap dan Surade dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Sukabumi, Cianjur, Pelabuhan Ratu, Cipanas dan Lebak dengan Skala Intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

“Hingga pukul 19.59 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.(*/mam)

Editor: Imam Rahmanto