25 radar bogor

Program Samisade Sampai 2026, Asalkan Iwan jadi Bupati Lagi

Pengendara melintas di jalan yang sedang ditingkatkan kualitasnya di Karacak, Leuwilaing, Kabupaten Bogor. Pemkab Bogor meminta pihak kecamatan hingga desa untuk menyerap optimal anggaran Samisade. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menggadang-gadang, program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) akan terus digulirkan hingga 2026. Syaratnya, dirinya terpilih sebagai bupati di periode selanjutnya.


“Program Samisade bisa berlanjut sampai 2026 kalau saya kembali jadi Bupati,” ucapnya pada Rabu (1/2).

Menurutnya, program bantuan keuangan infrastruktur desa itu telah masuk dalam Rancangan Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026. Namun, masa itu merupakan masa transisi kepemimpinan yang sementara akan diisi oleh Penjabat (Pj) Bupati sebelum diisi oleh bupati terpilih.

“Jika dijabat oleh bupati baru yang orang lain, bisa saja program Samisade dicoret,” jelasnya.

Pemkab Bogor kini tengah menyusun dan mematangkan RPD Tahun 2024-2026 sebelum masa kepemimpinan Iwan Setiawan habis di akhir 2023.

“Kami selalu berani menganggarkan program Samisade hingga 2026,” tukas Iwan.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta program Samisade tetap dilanjutkan pada program pembangunan di tahun 2024.

Meski tidak pernah berjalan mulus, namun Rudy menilai banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dari program bantuan keuangan infrastruktur desa tersebut. Khususnya pada akselerasi dan pemerataan pembangunan.


“Secara pribadi maupun kelembagaan, saya meminta agar program bantuan keuangan infrastruktur desa tetap dilanjutkan, dan harus dianggarkan dalam APBD 2024,” ujarnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto