25 radar bogor

Kerap Makan Korban, Penutup Drainase Jalan Sholis Diperbaiki Maret

Underpass Sholis
Underpass Sholis ditutup sebagian mulai Senin (29/5/2023) karena ada pekerjaan perbaikan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat berencana mengganti penutup drainase atau got yang melintang di underpass di Jalan Sholeh Iskandar (Sholis), Tanah Sareal.


Rencananya perbaikan mulai dilakukan pada Maret 2023, dengan memperbaiki steel grating atau baja yang digunakan untuk penutup saluran air dengan menggnakan box beton

“Akan diganti menggunakan box beton di bulan Maret,” kata Pejabat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Adrianto Putra Prasetyo, Rabu (1/2).

Menurut dia, perbaikan penutup drainase dengan menggunakan box beton dilakukan mengingat steel grating yang saat ini dipasang di underpass Sholis sering bergeser, sehingga membuat tidak nyaman pengendara yang melintas.

BPJN DKI Jakarta-Jawa Barat sendiri berencana akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terkait dengan rencana penutupan sebagian ruas jalan selama pengerjaan berlangsung.

Selama pengerjaan, dijelaskan Adrianto, nantinya perbaikan dilakukan setiap lajur jalan sehingga tidak terlalu mengganggu kendaraan yang melintas.

“Setiap lajur nanti kita tutup, tapi hanya setengah badan jalan saja nanti terganggu. Pengendara roda empat masih bisa melintas,” ucap dia.

Adrianto juga memastikan pengerjaan perbaikan penutup jalan tidak akan memakan waktu terlalu lama. Mereka menargetkan, perbaikan selama satu minggu setiap lajur.


Underpass Jalan Sholis memang sering memakan korban. Baru-baru ini, seorang pengendara mengalami kecelakaan di area itu pada Jumat (20/1) malam.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto