25 radar bogor

Jalan Tambang Mendesak, Dewan Minta Kejelasan Izin OSS Segera Dikeluarkan

Truk tambang bolak-balik melintas di jalan Kecamatan Rumpin. Jalur ini direncanakan bakal dibangun jalan khusus tambang oleh Pemprov Jabar. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

PARUNG PANJANG-RADAR BOGOR, Anggota DPRD dari dapil 5 Daen Nuhdiana meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar memberikan kejelasan keluarnya izin Online Single Submission (OSS) yang saat ini belum ada lanjutan.


“Kami harap Pemrov Jabar dalam hal ini Dinas PUPR harus segera berkomunikasi dengan Pemerintah pusat tentang kejelasan izin OSS,” kata Daen, Rabu (1/2).

Dia mengatakan bahwa untuk sistem administrasi sudah dilakukan oleh Pemkab Bogor. Namun, harus ada komunikasi agar segera turun karena menurutnya sudah krusial.

“Ini target janji politik Gubernur Jawa Barat di akhir masa jabatan. Artinya, Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat jangan dilamakan tentang progres pembangunan jalan tambang,” kata dia.

Dirinya juga meminta harus segera dikejar secepatnya agar proses pembangunan jalan tambang bisa terlaksana sesuai harapan.

“Kalau menurut saya, Pemkab Bogor sudah melakukan administrasinya, karena izin tetap di provinsi dan penentuannya di pusat,” tegasnya.

Daen menambahkan, jalan tambang sangat dibutuhkan masyarakat. Lantaran jika terealisasi, banyak dampak bagi masyarakat Rumpin dan sekitarnya. Warga tak perlu lagi berebut jalan dengan truk-truk besar.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin menuturkan, jalur tambang menunggu izin OSS dan janji dari Kementerian Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Diprediksi, perizinan sudah selesai pada bulan ini.


“Kita ingin secepatnya ada solusi karena banyak kecelakaan, kemacetan, terus jalan rusak, dan segi kesehatan itu sudah sangat luar biasa dan bisa segera terwujud. Itu aspirasi yang perlu diprioritaskan,” kata Burhanudin.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto