25 radar bogor

Siapkan 8 Kantong Parkir untuk Bogor Street Festival CGM 2023, Catat Titiknya

Para pedagang aksesoris CGM mulai menjamur di sepanjang kawasan Suryakencana, Kota Bogor. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak delapan kantong parkir disiapkan bagi pengunjung saat penyelenggaraan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2023 pada Minggu (5/2) mendatang. Titik parkir itu diharapkan bisa menjadi alternatif mengurai potensi kemacetan panjang.


Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bogor, Dody Wahyudin merincikan, delapan titik kantong parkir itu yakni Mall BTM, Mall Botani Square, Mall Lippo Plaza Ekalokasari, ruas Jalan Otista, ruas Jalan Juanda, Kompleks Bank, Bogor Creatif Center (BCC) atau gedung Bakorwil, dan ruas Jalan Siliwangi.

“Kita siapkan kantong parkir apabila pengunjung yang akan masuk ke kota Bogor untuk menyaksikan event CGM,” kata Dody, Selasa (31/1).

Menurut dia, kapasitasnya dapat menampung total 700 hingga 1.000 kendaraan. Namun, diakui Dody, pihaknya masih berkoordinasi mengantisipasi ketika kantong parkir yang telah disediakan sebelumnya penuh.

“Ketika tidak mencukupi kita akan mengantisipasi dengan titik-titik yang ada di seputaran jalan Juanda. Sampai saat ini kami masih berkoordinasi,” ucap Dody.

Namun, jika berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, titik-titik Botani, BTM, dan ruas jalan Juanda, dan BCC dianggap sudah mampu menampung kendaraan yang datang.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso meminta masyarakat untuk berjalan kaki dari kantor parkir yang telah disediakan menuju lokasi Suryakencana. Dnegan begitu, potensi macet bisa dikurangi.

Pihak kepolisian juga mengantisipasi berbagai kendala selama kegiatan berlangsung. Di antaranya menyiapkan mobil ambulans, damkar, petugas medis mobile, apar, toa/ raisa untuk orang hilang/ tersendat. Tak terkecuali, menerjunkan personel kepolisian untuk mengantisipasi copet dan pelaku kriminal lainnya.

“Kami siapkan 1.014 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan,” imbuh dia.

Apabila kemacetan mengular hingga ke jalan tol, pihak kepolisian dan Jasa Marga akan melakukan pengalihan ke Exit Tol Bogor Selatan Summarecon.

“Kami bersama Dishub akan menyebar informasi masyarakat terkait pengalihan arus. Nanti diumumkan kantong parkirnya, supaya masyarakat tahu. Kami siap mengamankan,” papar Kombes Bismo.

Sementara itu, Ketua Panitia Bogor Street Festival CGM 2023 Arif Himawan menambahkan, masyarakat atau pengunjung bisa memarkirkan kendaraanya ke RS Siloam yang berada di Jalan Pajajaran.


“(Sebenarnya) kapasitas Botani kalau full bisa menampung 1.000 kendaraan, Siloam juga banyak, termasuk Mall Ekokasari. Jadi kalau mereka mau pulang, datang lebih fleksibel, diharapkan datang lebih awal supaya tidak terjadi penumpukan, itu yang sudah coba kami bantu,” tukas dia. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto