25 radar bogor

RSUD Parung Bakal jadi RS Spesialis Pertama di Kabupaten Bogor

Pasien mulai memadati pelayanan Klinik Utama yang menjadi calon RSUD Parung sejak dibuka pemerintah Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor melalui Dinas Kesehatan berencana menjadikan RSUD Parung sebagai rumah sakit spesialis pertama di Kabupaten Bogor.


Rencananya, akan ada 12 jenis layanan poliklinik di rumah sakit yang berada Desa Cogrek, Kecamatan Parung tersebut.

“RSUD Parung akan menjadi rumah sakit spesialis pertama dan terlengkapi di Kabupaten Bogor,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Senin (30/1) kemarin.

Menurutnya, rencana itu akan direalisasikam dalam kurun waktu dua tahun ke depan. Sementara di tahun 2023 ini, akan ada penambahan sejumlah layanan poli setelah tersedia layanan poli umum yakni poli gigi, penyakit anak serta poli anak.

“Tahun ini akan ada poli mata, saraf, THT dan poli kulit dan kelamin,” jelas Mike.

Pihaknya mengaku tengah mencari tenaga-tenaga medis yang akan mengisi layanan di masing-masing spesialis. Selain menawarkan ke internal rumah sakit daerah yang ada, juga ke sejumlah organisasi profesi berikut website resmi.

Untuk ketersediaan alat dan fasilitas penunjang, Mike mengaku itu bukan menjadi kendala karena Kementerian Kesehatan telah siap memenuhi kebutuhan tersebut.

“Kalau memang belum cukup, baru selanjutnya menggunakan APBD,” katanya.


Meski saat ini baru diresmikan sebagai klinik, namun pihaknya meyakini rencana membuat RSUD Parung menjadi rumah sakit spesialis lengkap bisa terwujud.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto