25 radar bogor

Ratusan Siswa SMAN 4 Kota Bogor Dapat Bocoran Kiat Jadi Pemimpin

BOGOR-RADAR BOGOR, Bicara Project bersama Rayendra Dermatology and Aesthetic Center, kembali menggelar workshop edukasi bertajuk The Next Leader Bogor pada Selasa (31/1/2023). Kini ratusan siswa SMA Negeri 4 Kota Bogor jadi sasarannya.

Sebanyak 934 pelajar yang terdiri dari kelas 10-12 ini, tampak antusias dengan materi yang diberikan pada workshop tersebut. Mereka diberikan kiat-kiat sukses menjalani karier serta menjadi seorang pemimpin.

Narasumber pada workshop kali ini di antaranya, Founder of Rayendra Dematology Clinic, dr. Raendi Rayendra dan Presenter and News Producer SCTV, David Rizal.

Rayendra melihat, para siswa yang berasal dari generasi Z punya karakteristik yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Ia menilai, gen Z punya potensi luar biasa dalam bidang teknologi sehingga perlu untuk terus digali dan dikembangkan.

“Di samping itu mereka juga butuh adanya pendampingan terkait dengan kemampuan berkomunikasi serta bimbingan motivasi. Dengan begitu mereka akan dengan lancar menjadi seorsng pemimpin di masa depan,” tuturnya.

Rayendra mengungkapkan, ada 6 aspek yang perlu dimiliki para pelajar sehingga dapat bertransformasi menjadi pemimpin yang ideal.

Pertama, ialah kemampuan dalam mengorganisir dan memimpin sebuah kelompok. Selanjutnya, ialah attitude atau sikap yang baik.

Para pelajar juga dituntut untuk bisa berlatih agar dapat bertanggung jawab dan melakukan aksi yaitu mengambil keputusan. “Itu bisa didukung lewat pemgetahuan yang banyak dan terus belajar,” imbuh dia.

Kemudian para pelajar juga diharapkan bisa memiliki perhatian pasa lingkungan di sekitarnya, seperti pada masyarakat dan teman sebayanya. “Selain itu juga perlu penampilan yang menarik dan wangi,” lengkap Rayendra.

Dirinya berpesan kepada para siswa untuk terus belajar dengan berbagai kanal media yang ada saat ini. Ia ingin mereka dapat memaksimalkan media sosial yang digunakan para pelajar untuk mengembangkan diri.

“Media sosial mesti digunakan secara tepat, bukan sebagai sarana hujat dan bully, melainkan untuk meredam keburukan dan bahkan menghasilkan uang,” jelas Rayendra.

Kepala SMAN 4 Bogor, Emi Rosmiani mengatakan, kegiatan workshop tersebut bertujuan memberikan ilmu kepemimpinan.

Ia berharap peserta didiknya mampu memanage diri dan waktu dengan baik, memiliki target hidup, dan menjadi pemimpin di masa depan.

“Kami juga berharap workshop ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan. Karena ilmu yang diberikan mesti terus dikembangkan, tidak haya di kelas, tapi juga ilmu yang praktis seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan,” terang Emi. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep