25 radar bogor

Pemerintah buka Rekrutmen CASN 2023, Ini Formasinya

Pemerintah buka Rekrutmen CASN 2023, Ini Formasinya

JAKARTA – RADAR BOGOR, Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkapkan akan segera melakukan Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023.

Kemen PANRB buka rekrutmen CASN 2023 untuk umum, di mana MenPANRB ungkap rormasinya.

Rekrutmen CASN 2023 yang dipersiapkan ini seiring dengan proses rangkaian seleksi CASN tahun anggaran 2022 yang sedang dirampungkan, mengingat proses ini masih berlangsung.

Abdullah Azwar Anas selaku Menteri PANRB menjelaskan jika rekrutmen CASN 2023 melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Anas.

Anas menjelaskan jika formasi CASN 2023, di mana pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan.

Meskipun demikian pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Formasi CASN 2023 juga akan dibuka untuk hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” jelas Anas.

Menurut Anas jika saat ini instansi pemerintah masih dalam proses persiapan pengusulan formasi.

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” imbuhnya.

Ans menambahkan jika rekrutmen CASN 2023, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Untuk itu Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

Usai usulan kebutuhan dari masing-masing instansi, tahap selanjutnya adalah penetapan kebutuhan.

Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis BKN.

Dia menambahkan, ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023, di antaranya pertama adalah fokus pelayanan dasar, kedua kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital, ketiga merekrut CASN secara selektif dan keempat mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi,” tutup Anas. (*)

Editor : Yosep / Dikara PKL