25 radar bogor

Marak Isu Penculikan, Disdik Minta Sekolah Tingkatkan Pengawasan

Siswa SD jajan di sekitar sekolah mereka, salah satu sekolah di Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG–RADAR BOGOR, Maraknya isu penculikan anak, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor melayangkan surat edaran ke seluruh satuan pendidikan. Setiap sekolah diminta meningkatkan peran dalam mengawasi para pelajar selama berkegiatan di lingkungan sekolah.


“Untuk mengantisipasi beredarnya isu penculikan anak, Disdik memberikan surat edaran ke ribuan sekolah yang terdiri dari jenjang PAUD, SD, dan SMP di Kabupaten Bogor,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah, Selasa (31/1).

Pihaknya meminta seluruh pihak sekolah untuk meningkatkan peran pengawasan. Salah satunya dengan memberikan kesiapan kepada penjaga keamanan di lingkungan sekolah.

Selain di dalam area sekolah, penjaga sekolah diminta awas terhadap murid-murid yang sengaja keluar area sekolah.

“Saat di jam istirahat, pihak sekolah bisa melarang siswa untuk tidak mencari makanan di luar, karena ini salah satu upaya agar murid tetap berada di lingkungan sekolah,” papar Juanda.

Begitu pun saat jam pulang, pihak sekolah harus memastikan bahwa peserta didiknya segera mengarah ke rumah masing-masing. Terutama anak jenjang PAUD dan SD yang sangat rentan menjadi korban kejahatan.

Termasuk para guru, Juanda meminta agar lebih berperan dalam mengawasi setiap kegiatan yang melibatkan anak murid.

“Upaya-upaya ini harus dilakukan, agar tiap sekolah menjaga dan mengawasi anak-anak baik saat masuk dan pulang sekolah,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto