25 radar bogor

46 Ribu Orang Diprediksi Hadiri Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023

bogor street festival
Persiapan mulai digenjot di Suryakencana untuk menyambut Bogor Street Festival CGM 2023. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 46 ribu orang diprediksi akan hadir di gelaran Bogor Street Festival Cap Go Meh (BSF CGM) yang akan berlangsung di Jalan Suryakencana Minggu (5/2) mendatang.


Ketua Panitia BSF CGM, Arifin Himawan (Ahim) menjelaskan, acara akan dimulai pada pukul 15.00 WIB dan berakhir pada pukul 24.00 WIB. Seremoni BSF CGM dibuka dengan parade seni budaya, arak-arakan tandu, disertai penampilan barongsai dan liong.

“Itu berlangsung sepanjang 2,1 kilometer, dari Vihara Dhanagun hingga Simpang Tiga Batu Tulis. Acara kemudian dibuka dengan Marawis hadroh, lalu doa bersama dari masing-masing agama. Ada sebanyak 60 kelompok seni dan budaya yang berpartisipasi dalam acara ini,” beber Ahim dalam jumpa pers di Balai Kota, Selasa (31/1).

Ahim mengungkapkan, letak venue utama akan sama dengan gelaran di tahun 2020 yaitu bertempat di sekitar kawasan Vihara Dhanagun. Namun venue yang bakal digelar tahun ini dijanjikannya akan lebih besar dan meriah.

Ia mengatakan, pihak panitia akan menyediakan monitor LED raksasa di depan Hotel 1O1 Suryakencana dan Simpang Tiga Batu Tulis sehingga masyarakat dapat menyaksikan penampilan di venue utama melalui layar tersebut.

Ia menjelaskan masyarakat dapat masuk dari sejumlah gang yang ada di sisi kiri dan kanan Jalan Suryakenana. “Di sisi kiri ada 8 gang yang bisa dipakai termasuk gang Roda dan Gang Aut. Sementara sisanya ada di sebelah kanan jalan,” terang dia.

Antusias masyarakat menyambut BSF CGM memang sangatlah luar biasa. Ahim mencatat sejumlah hotel di sekitar lokasi helatan sudah penuh terisi pada tanggal 5 Februari. Tak hanya itu tenda-tenda UMKM yang disediakan pun penuh terisi. “Bahkan sejumlah pelaku UMKM rela membawa tenda sendiri untuk berjualan saat pelaksanaan nanti,” imbuh Ahim.

BSF CGM tahun ini pihak penyelenggara mengusung tema Unity in Diversity, dari tema itu Ahim berharap dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan yang telah menjadi gen bagi Kota Bogor.


Ia juga ingin ajang BSF CGM bisa mengenalkan generasi muda pada kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kota Bogor sehingga terus dilestarikan di masa depan. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto