25 radar bogor

Rekayasa Lalin Dampak Otista Belum Juga Disosialisasikan, Ini Kata Pengamat

Pengemudi ojol di Kota Bogor saat melintas Jalan Otista, Minggu (11/9/2022). Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota Bogor akan mulai membangun revitalisasi Jembatan Otto Iskandardinata (Otista) setelah Idul Fitri. Pelaksanaannya diperkirakan berjalan pada April 2023 mendatang.


Namun, hingga kini Pemkot belum juga mengumumkan rencana rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan.

Menanggapi hal ini, Pengamat Tata Kota, Yayat Supriyatna mengatakan, waktu yang tersisa masih cukup untuk dimaksimal Pemkot Bogor menggodok kajian rencana lalu lintas yang bakal diterapkan.

“Datanya sudah lengkap, baik dari pihak Polisi, Dinas Perhubungan (Dishub), semua sudah lengkap,” ungkapnya saat dihubungi Radar Bogor, Senin (30/1).

“Setiap pekan sudah dikoordinasikan dan dirapatkan. Saat ini sedang dimatangkan sebagai dasar keputusan seperti saat menjelang penerapan Sistem Satu Arah (SSA) lalu,” sambungnya.

Ia menjelaskan, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) bersama pihak-pihak terkait tengah bersinergi mengkaji aspek sosial dan ekonomi yang berpotensi terdampak penutupan tersebut. Begitu juga dengan potensi bottle neck dan kemacetan yang akan terjadi


“Implikasi potensi kerugian dikaji dan sudah dikerjasamakan Bappeda dengan salah satu universitas di Kota Bogor. Sekarang prosesnya sedang dan akan melibatkan pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait dengan pengaturan BisKita dan angkot,” jelasnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto