25 radar bogor

Korsleting Listrik, 20 Ribu Anak Ayam di Tenjo Ludes Terbakar

Polisi memeriksa kondisi peternakan ayam di Kampung Cilaku Tegal, Kecamatan Tenjo, yang habis terbakar, Senin (30/1) (Radar Bogor/ Jaenal Abidin).

TENJO-RADAR BOGOR, Peternakan ayam di Kampung Cilaku Tegal, Kecamatan Tenjo, terbakar. Api diduga karena korsleting listrik pada sambungan kabel di lantai tiga kandang, Senin (30/1).


Kapolsek Tenjo Iptu Suyadi mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh penjaga kandang sekira pukul 09.41 WIB.

“Saksi melihat kobaran api dari sambungan kabel di lantai tiga kandang satu yang kemudian membesar,” ucapnya.

Tidak mampu memadamkan api sendiri, warga tersebut berteriak dan memanggil anak kandang lain untuk membantu pemadaman. Alhasil, armada Damkar Kabupaten Bogor pun terjun memadamkan api di lokasi.

“Ada tiga unit pemadam kebakaran, yang terdiri dari dua unit Damkar Sektor Parung Panjang dan satu unit dari Sektor Leuwiliang,” kata dia.

Suyadi mengungkapkan, proses pemadaman sempat terjadi kendala. Lantaran angin kencang yang membuat petugas mengalami kesulitan memadamkan api.

“Dua kandang ayam, yang terdiri dari tiga lantai dengan ukuran masing-masing 15 meter x 40 meter ludes terbakar,” jelasnya.

Akibat kebakaran, kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar. Total sekira 20 ribu ekor ayam yang baru berumur empat hari atau anak ayam dan perlengkapannya habis terbakar.


“Karena bangunan terbuat dari kayu, bambu dan beratapkan asbes, ditambah angin kencang bangunan tetap terbakar habis,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto