25 radar bogor

Jalan Otista Bakal Ditutup, Pemkot Buka Peluang Surken jadi Alternatif

Sejumlah kendraan melintasi Jalan Otista Kota Bogor yang merupakan bagian dari Sistem Satu Arah (SSA). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan Jalan Suryakencana bisa menjadi opsi jalur alternatif selama Jembatan Otto Iskandardinata (Otista) ditutup akibat revitalisasi.


“Untuk masuk ke Kota Bogor nanti opsinya bisa ke kiri (dari Tol Jagorawi ke arah Tajur) atau ke kanan (dua arah menuju Kebun Raya Bogor),” tutur Bima, beberapa waktu lalu.

Opsi pertama yang dimaksud ialah Sistem Satu Arah (SSA) dengan jarak lebih jauh. Kendaraan dari Tol Jagorawi dan Pajajaran akan diarahkan kembali ke lingkar SSA melalui Jalan Siliwangi dan Jalan Suryakencana (Surken).

Dengan opsi tersebut, Surken tetap menjadi satu lajur namun dengan arah sebaliknya (ke arah Jalan Juanda).

Sementara opsi lain ialah meniadakan SSA. Kendaraan dari arah Jalan Tol Jagorawi dapat langsung masuk ke Kota Bogor dengan berbelok ke Jalan Pajajaran, namun tidak bisa mengarah ke Jalan Otista.

Akan tetapi, Bima mengatakan pihaknya belum dapat memberikan secara jelas opsi yang akan diterapkan. Pemkot Bogor masih mematangkan rencana rekayasa lalu lintas itu.

“Masih dimatangkan jika sudah selesai akan disosialisasikan. Waktunya masih cukup, masih ada 2 bulan,” kata Bima.

Ia menjelaskan saat ini proyek revitalisasi masih dalam tahap lelang. Dirinya menargetkan revitalisasi bakal dimulai pasca Idul Fitri. “Kami targetkan mulai dibongkar di minggu pertama setelah lebaran,” terang dia.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto