25 radar bogor

Berbulan-bulan Rusak, U-Turn Tol Jagorawi Belum Juga Diperbaiki

U-Turn Tol Jagorawi
Kondisi U-Turn Tol Jagorawi yang rusak dan bergelombang. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Akses putar arah atau U-Turn Jalan Tol Jagorawi menuju Baranangsiang, belum juga mendapat perhatian dan penanganan. Kondisi jalan ini terlihat memprihatinkan.

Pantauan Radar Bogor pada Senin (30/1/2023), menunjukkan sejumlah lubang besar mengaga di bagian kanan jalan. Genangan air juga tampak menutupi lubang-lubang tersebut.

Kerusakan ini bahkan terjadi hampir memakan separuh badan jalan. Sementara sebagian badan jalan yang lain kondisinya bergelombang.

Avatar

Baca Juga:

Cegah Pasar Kaget, Taman Heulang Bakal Dijaga dan Disekat Satpol PP 

Situasi ini membuat para pengendara mesti ekstra berhati-hati jika melalui jalur tersebut. Kecepatan kendaraan yang berkurang kerap menimbulkan antrean kendaraan di jam-jam sibuk.

Kepala Bidang Pemeliharaan Kebinamargaan Dinas PUPR Kota Bogor, Tri Eko Mardojo membenarkan bahwa, akses U-Turn Tol Jagorawi tersebut rusak sejak musim hujan mengguyur Kota Bogor tahun lalu. Dirinya juga mengakui banyak mendapat aduan dari masyarakat melalui media sosial.

Merespons kondisi ini, Eko menjelaskan, pihaknya sudah membuat laporan akan kondisi tersebut pada pihak Jasa Marga selaku penanggung jawab area itu.

“Sudah sering membuat laporan (tenntang kerusakan). Sudah saya informasikan juga pada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Kementerian PUPR,” ucapnya saat dihubungi Radar Bogor, Senin (30/1/2023).

Namun, upayanya tersebut belum mendapatkan hasil maksimal. Pihak-pihak terkait belum memberikan kabar dan tanggapan lebih lanjut.

Untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi, pihaknya bersama Dishub memasang water barrier di area U-Trun Tol Jagorawi tersebut agar para pengendara menghindari lubang.

Eko mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan keluhan masyarakat pada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Kementerian PUPR dalam audiensi bersama Wakil Wali Kota Bogor di Balai Kota, Senin, (30/1/2023) lagi.

“Tadi dalam audiensi juga sudah disampaikan ke Kementerian PUPR bersama Wakil Wali Kota. Begitu juga dengan keluhan warga, terkait kondisi jalan rusak di seluruh ruas jalan nasional seperti di Jalan Raya Tajur, Jalan Pajajaran, dan Abdullah bin Nuh,” ungkap Eko.

Pihaknya berharap, Kementerian PUPR dan Jasa Marga bisa dengan segera memperbaiki kerusakan yang terjadi di U-Turn Tol Jagorawi tersebut, serta ruas-ruas jalan rusak lainnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep